Setelah 6 bulan si kecil hanya minum ASI/ Susu formula, kini saatnya si kecil akan belajar makan dengan Makanan PendampinG ASI / MPASI. MPASI merupakan proses yang juga penting bagi tumbuh kembang bayi.

Jadi makanan yang masuk dalam tubuh si kecil harus bergizi sehinga memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan perkembangan otak sikecil.

Berikut daftar MPASI terbaik untuk kesehatan bayi dan aman untuk diberikan kepada bayi.

1. Alpukat

Alpukat mengandung aneka vitamin mulai dari Vitamin B1, B2, B6 hingga Vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak. Sekitar seperempat alpukat atau setara dengan 60 gr dapat memberikan bayi fungsi usus yang sehat sebab memiliki kualitas serat yang baik. Folat yang terkandung dalam alpukat juga dapat meningkatkan perkembangan mata anak.

 

2. Pisang

Selain menjadi makanan penuh serat, pisang menjadi MPASI yang mudah untuk dibawa kemana-mana. Pisang sendiri memberikan manfaat kesehatan dalam bentuk vitamin dan mineral. Selain itu, pisang dapat memberikan energi dan antioksian. Aneka vitamin juga terdapat dalam pisang. Sistem pencernaan si kecil akan terlatih dan semakin bertumbuh dengan bantuan serat yang terkandung di dalam pisang.

 

3. Brokoli

Tidak hanya buah, sayuran juga perlu dikenalkan kepada bayi sebagai MPASI. Sayuran hijau ini mengandung tinggi vitamin. Brokoli dan jeruk punya sama-sama kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, brokoli juga sebagai sumber beta-karoten. Siapa sangak brokoli mengandungn Vitamin B1, B2, B3, B6, K, zat besi, magnesium, kalium dan serat. Wah, makan brokoli menjadi paket lengkap untuk keshatan si kecil.

 

4. Ubi

Vitamin A, Vitamin C, dan B6 menjadi kandungan vitamin yang ada di dalam ubi. Selain itu, ubi juga dapat meningkatkan perkembangan tulang dan otot bayi sebab mengandung kalsium dan  zat besi. Perkembangan otak anak juga semakin meningkat dengan bantuan magnesium, fosfor serta folat yang terkandung dalam ubi.

5. Bayam

Sayuran hijau yang kaya vitamin ini memang menjadi MPASI terbaik untuk kesehatan bayi. Vitamin A yang terkandung dalam bayam membantu meningkatkan fungsi mata. Selain itu, vitamin A dan K serta folat juga membantu produksi sel darah merah serta meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Folat juga membantu keseimbangan metabolisme tubuh. Vitamin K juga befungsi dalam proses pembekuan darah.

 

Semoga bermanfaat

 

(GAB/Pic.Google/Source:Nakita.grid.id)

Author

Write A Comment

Exit mobile version