Apa sih makanan organik? Makanan organik adalah makanan yang diproduksi dan diproses secara konvensional. Istilah organik sering digunakan untuk mengklasifikasikan makanan nabati tanpa pestisida maupun modifikasi genetik.

Istilah ini juga digunakan untuk daging, unggas, telur dan produk susu yang diproduksi tanpa menggunakan antibiotik atau hormon pertumbuhan. Pertanian organik tidak menggunakan bio-engineering, radiasi ion, pestisida konvensional, ataupun pupuk yang dibuat dengan bahan-bahan sintetis atau limbah lumpur.

Namun Bu, bukan berarti makanan organik jauh lebih baik dari pada makanan non organik. Tapi secara keamanan jauh lebih aman kalau kita makan dari makanan organik ya Bu.

Kendala dalam memilih makanan organik tentunya dari segi harga ya Bu, karena harga bahan makanan organik jauh lebih mahal dibanding makanan non organik. Bedanya bisa mencapai 20 persen loh Bu. Nah berikut ini simak penjelasan tentang kelebihan dan tips memilih bahan makanan organik.

Kelebihan bahan makanan organik

  • Tingkat paparan produk organik dengan pestisida, growth hormone, dan GMO (Genetically Modified Organism) jauh lebih rendah. Dan perlu Mama ketahui, ada beberapa perdebatan yang menyatakan bahwa meningkatnya kasus autisme dan ADHD pada anak, serta penyakit kanker, ditengarai karena seringnya mengonsumsi makanan yang tercemar dengan bahan organo fosfor yang merupakan senyawa kimia yang banyak terdapat dalam pestisida.
  • Mengandung antioksidan yang lebih baik karena tidak ada interaksi antara bahan kimia seperti logam berat dan sebagainya yang terdapat dalam pupuk sintetis ataupun pestisida.
  • Meningkatkan imun tubuh dan kesehatan jantung, karena hewan-hewan yang mengonsumsi rumput organik menghasilkan susu dan daging yang tinggi akan kandungan CLA (asam linoleat terkonjugasi) serta omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung.
  • Rasa makanan organik lebih lezat dan lebih segar karena tidak adanya pengawet.
  • Turut serta dalam program pengurangan polusi terhadap lingkungan (tanah, air maupun udara), sehingga memberikan lingkungan hidup yang lebih baik bagi generasi selanjutnya.

 

Tips membeli bahan makanan organik

  • Untuk lebih hemat, Mama juga bisa menyiasati pengeluaran dengan membeli dalam partai besar. Bukan rahasia lagi, membeli barang dalam kemasan besar akan membuat harga lebih murah.
  • Menggunakan ayam atau daging sapi organik setiap hari tentunya akan sangat mahal. Namun Mama masih bisa menyiasatinya dengan memberi Si Kecil makanan seperti buah, dan sayuran organik yang harganya lebih terjangkau.
  • Saat ini toko khusus organik mulai banyak bermunculan. Toko organik ini tentunya menawarkan beberapa jenis makanan organik dengan variasi harga yang bisa Mama pilih.
  • Bergabung dengan komunitas organik juga dapat menguntungkan. Di komunitas ini Mama bisa mendapatkan beragam informasi mengenai bahan makanan organik, termasuk di mana mendapatkan bahan makanan organik murah hingga bagaimana menanam sendiri tanaman organik di rumah.
Author

Write A Comment

Exit mobile version