Mulai mengenalkan MPASI secara konsisten akan membantu perkembangan bayi anda lebih optimal. Makanan padat bertahan lebih lama di mulut ketimbang ASI. Pasalnya, bayi juga memiliki insting untuk mengunyah saat mendapatkan makanan padat. Makanan padat sangat berpengaruh untuk merangsang pertumbuhan gigi sikecil. Gigi yang mulai muncul ke permukaan gusu akan melatih bayi untuk mengkonsumsi makanan yang lebih padat.

Tujuan utama yaang hendak dicapai dalam mengatur jadwal makan bayi 6 bulan adalah agar ia nanti terbiasa memiliki jadwal makan seperti orang dewasa. Berbeda saat bayi masih mendapat ASI eksklusif, si kecil hanya perlu mendapatkan ASI seseringmungkin. Pemberian makanan bayi harus disesuaikan dengan jadwal orang dewasa.

Pada tahap awal cobalah berikan makanan tambahan sebanyak satu kali per hari sampai bayi terbiasa, lalu secara bertahap naikkan sampai pemberian makanan tiga kali per harinya. Tentunya jadwal makan bayi 6 bulan disesuaikan dengan jam makan keluarga.

Kendala yang dihadapi ibu saat memperkenalkan makanan padat adalah bayi seringkali menolak makanan baru yang ibu berikan. Untuk mengatasi hal  ini ibu harus mengerti beberapa prinsip. Pertama, makanan padat adalah makanan pendamping ASI, jadi jangan khawatir bila bayi hanya makan sedikit dari porsi yang ibu sajikan karena nutrisi utama yang bayi dapatkan ialah tetap dari ASI. Kedua, jangan paksa anak untuk menghabiskan semua makanan yang diberikan, biarkan anak bila hanya mau mencoba 1–2 sendok teh saja. Namun jangan menyerah untuk terus memperkenalkan makanan tersebut, terutama saat bayi merasa lapar (jangan beri ASI atau susu sebelum mencoba memberikan makanan padat).

Libatkan berbagai jenis makanan dalam usaha ibu memperkenalkan MPASI ke buah hati. Berbagai macam nutrisi seperti karbohidrat, lemak, protein serta sayur dan buah-buahan merupakan sasaran utama yang harus buah hati dapatkan di MPASI. Dahulu, para ibu lebih mengutamakan memberikan menu dengan kandungan karbohidrat sebagai prioritas, dan cenderung memberikan makanan berprotein ketika anak sudah mulai terbiasa dengan makanan padat. Kini, banyak dokter anak yang merekomendasikan pemberian protein hewani sebagai menu pertama MPASI. Pada usia 6 bulan, zat besi cadangan di tubuh bayi semakin menipis sehingga sangat penting menyelipkan makanan berprotein yang mengandung zat besi seperti pada daging, hati atau marus pada jadwal makan bayi 6 bulan.

Setelah berhasil memberikan makanan pada anak, ibu haruslah menunggu 1-2 hari sebelum memperkenalkan jenis makanan baru pada bayi. Hal ini penting dilakukan untuk melihat apakah bayi mempunyai alergi terhadap makanan yang ibu berikan. Tanda-tanda alergi yang dapat timbul pada bayi adalah kemerahan pada kulit, bengkak pada bagian tubuh tertentu misalnya bibir, diare, bersin dan batuk serta bentol-bentol pada kulit.

Pemberian makanan bayi harus dilakukan bertahap. Hindari pemberian makanan terlalu padat tahap awal, karena dapat menimbulkan masalah kesehatan. Jenis makanan bayi yang dapat ibu berikan pada awal perkenalan adalah bubur susu. Setelah 1-2 minggu, perkenalkanlah bubur saring berkarbohidrat atau berprotein. Ibu dapat mengkombinasikan bubur saring dengan sayuran atau buah. Setelah terbiasa dengan berbagai macam menu makanan bubur saring, mulailah memberikan bubur biasa pada bayi, potongan buah, potongan keju yang sangat kecil dan yogurt. Terakhir, di umur mendekati 1 tahun, ibu dapat memberikan nasi tim.

Baca contoh di bawah ini bila ibu masih bingung mengenai jadwal makan bayi 6 bulan. Ingat untuk mecoba memberikan satu kali makanan dahulu pada awal perkenalan, selipkan di jam makan keluarga. Seiring berjalannya waktu, tingkatkan menjadi 2 kali sehari dan akhirnya 3 kali sehari.

Contoh Resep Makanan Bayi 6 Bulan yang Bergizi

Metode paling baik untuk memperkenalkan makanan bayi adalah dengan memberinya bubur saring dasar yang terdiri dari 1 jenis nutrisi, misalnya karbohidrat saja. Berikut adalah beberapa menu makanan bayi 6 bulan yang dapat ibu berikan pada jadwal makan bayi 6 bulan:

  • Bubur Beras

Bahan yang diperlukan adalah 1/4 mangkuk beras bubuk (beras yang dihancurkan dengan blender atau penghancur lainnya) dan 1 mangkuk air.

Cara memasak:

  • Campur bubuk beras dengan sebagian air
  • Didihkan sisa air, lalu masukkan larutan beras dan aduk hingga merata selama 10 menit
  • Sajikan saat hangat dan dapat pula ditambahkan ASI atau susu formula

Setelah terbiasa dengan menu ini, ibu dapat menambahkan sayuran pada bubur ini

  • Bubur Pure Pisang (dan buah lainnya)

Bahan yang diperlukan adalah 50 gram pisang ambon yang sudah dikupas dan dipotong serta 30 ml atau 2 sdm ASI.

Cara memasaknya hanya memblender pisang tersebut dengan ASI

Ibu  juga dapat mengganti buah pisang dengan buah lainnya seperti pepaya, alpukat dan apel. Ingat untuk mengecek konsistensi makanan agar tidak terlalu padat.

  • Bubur Berprotein

Cara membuat bubur dengan protein sama seperti bubur beras yang dituliskan di atas, bedanya ibu hanya perlu menambahkan air kaldu atau kuning telur ke dalam bubur ini. Kuning telur atau air kaldu dapat ditambahkan saat ibu merebus air putih sebelum ditambahkan larutan beras.

Itulah prinsip dasar jadwal makan bayi 6 bulan yang dapat kami sajikan. Perlu diingat bahwa pemberian bubur bayi yang homemade sangat disarankan daripada memberikan bubur bayi dari makanan kemasan buatan pabrik. Pemberian makanan kemasa pabrik akan membuat anak lebih sulit makan ketika menginjak usia yang lebih besar karena lidah anak terbiasa dengan rasa makanan instan tersebut. Beberapa ahli gizi juga menyarankan agar tidak menambahkan bumbu seperti gula atau garam yang terlalu banyak karena dapat membuat anak craving makanan seperti ini di kemudian hari.

 

Source : zonamama.com / Google

Author

Write A Comment

Exit mobile version