Home > Balita > Benarkah Anak Perempuan Lebih Cepat Berbicara dibanding Anak Laki-laki

Benarkah Anak Perempuan Lebih Cepat Berbicara dibanding Anak Laki-laki

Benar ga sih bu, anak laki laki lebih lambat biacara di banding anak perempuan? Banyak sekali terutama orang sekitar bahkan orang tua kita berpendapat jika anak perempuan akan lebih bisa bicara terlebih dahulu

Hal wajar kog bu, jika anak perempuan lebih cepat biacara daripada anak laki laki, karena dari beberapa riset menunjukkan bahwa perempuan memang lebih cepat berbicara daripada laki-laki.

Hal ini diduga karena kadar hormon testosteron yang tinggi pada janin. Jadi bayi laki-laki yang terpapar hormon tostesteron terlalu tinggi dalam janin membuatnya berpotensi dua kali lebih besar mengalami keterlambatan perkembangan bahasa.

Dan juga otak bayi perempuan yang baru lahir lebih berkembang di bagian yang mengatur kemampuan bicara dan bahasa. Bayi perempuan juga cenderung lebih suka melihat wajah manusia daripada benda-benda yang bergerak. Sehingga mereka lebih cepat belajar meniru apa yang orang dewasa lakukan atau katakan.

 

 

Walaupun banyak sekali penelitian yang mengatakan bahwa bayi laki-laki cenderung lebih lambat bicara dibanding anak perempuan, bukan berarti akan berdampak pada semua anak laki laki ya bu.

 

Stimulasi agar si kecil tidak telambat bicara

  • Berikan stimulasi yang banyak, semakin banyak anak mendapat stimulasi baik, maka semakin cepat pula perkembangan berbicaranya.

 

  • Anak laki-laki yang orangtuanya sering berbicara dan membacakan cerita untuknya bisa memiliki kemampuan berkomunikasi yang lebih baik daripada anak perempuan yang jarang diajak bercerita oleh orangtuanya.

 

  • Tambahkan extra kata setiap kali berkomunikasi dengan si kecil, agar menambah kemapuan komunikasinya. Contohnya, ika Si Kecil mengucapkan sepatah kata, misalnya ‘mobil’, tambahkan ekstra kata untuk menjawabnya. Anda mungkin dapat mengatakan, ‘mobil merah’ atau ‘mobil truk’.

 

 

(GAB/Pic.Google)

 

 

 

 

 

 

 

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: