Home > Kehamilan > Ibu Hamil Berpuasa?

Ibu Hamil Berpuasa?

Bulan puasa dalah bulan yang penuh berkah. Dibulan puasa ini umat muslim di dunia wajib melakukan ibadah puasa selama 30 hari. Bulan puasa tentunya di nantikan oleh semua umat muslim. Namun ada beberapa golongan yang diberikan keringanan untuk tidak berpuasa, salah satunya adalah ibu hamil dan ibu menyusui.

Lalu apakah ibu hamil boleh berpuasa?

Jawabannya adalah tergantung dari kondisi kesehatan ibu hamil itu sendiri ya. Dimana selama kondisi kesehatan ibu hamil dan janin dinyatakan oleh dokter kandungan sehat, maka wanita hamil diperbolehkan puasa.

Pemenuhan nutrisi ini harus sama dengan kondisi ketika tidak berpuasa cuman yang berbeda pemenuhan nutrisi ini dipindah waktunya tentunya dilakukan pada saat sahur dan berbuka puasa serta antara waktu berbuka puasa dan sahur.

 

Kondisi ibu hamil yang tidak diperbolehkan puasa :

1. Menderita diabetes atau kencing manis

Ibu hamil dengan kencing manis tidak disarakan untuk berpuasa. Dikarenakan selain harus meminum obat secara teratur, ibu hamil juga harus menjalankan program makan yang telah di buat agar kadar gula dalam darah harus tetap di kontrol dan tetap stabil

 

2. Hipertensi atau penyakit darah tinggi

Ibu hamil dengan penyakit darah tinggi selama kehamilan harus terkontrol dengan baik. Tekanan darahnya harus di kontrol dengan mengkonsumsi obat obatan. Tekanan darah yang naik turun akan berbahaya bagi ibu dan janinnya.

 

 

3. Pendarahan

Ini jelas kontra indikasi atau tidak diperbolehkan berpuasa. Kalau tetap dipaksakan berpuasa bisa mengkhawatirkan keadaan janin di dalam kandungan. Sebaiknya konsultasikan pada dokter kandungan anda, untuk kebaikan anda.

 

4. Sakit lambung atau maag

Ibu hamil yang memiliki riwayat sakit maag atau sakit lambung dan memaksakan diri berpuasa berarti memperbesar peluang penyakitnya akan kambuh. Lambung kosong akan mempertinggi peluang terjadinya peningkatan asam lambung dan bisa berbahaya untuk bayi.

 

5. Dehidrasi

Dalam keadaan seperti ini, ibu hamil sebaiknya cepat berbuka, kondisi ini berbahaya untuk kesehatan ibu dan bayi dalam kandungannya. Terlebih lagi ibu hamil yang terancam dehidrasi karena diare, muntah-muntah, keringat dingin.

 

(GAB/Pic.Google)

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: