Home > Uncategorized > Kombinasi MPASI Puree yang Sehat dan Lezat

Kombinasi MPASI Puree yang Sehat dan Lezat

Sebagai ibu baru, wajar kog bingung membuat menu MPASI yang sehat untuk si kecil. Tidak sedikit para ibu yang mengalami hal ini. Pada dasarnya bayi akan makan makanan pertama mereka dalam bentuk pure yaitu makanan yang diberikan dengan cara di blender sampai halus. Karena teksturnya yang halus dan lembek, sehingga akan lebih mudah dicerna oleh bayi.

Membuat pure untuk MPASI 6 bulan bisa dengan beragam jenis makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, ikan dan daging. Nah untuk melengkapi gizinya, lebih baik ibu membuat pure lebih dari satu jenis makanan saja yaitu dengan kombinasi.

Nah, berikut adalah cara dari motherandbaby.co.id untuk membuat kombinasi puree yang mudah dan tentunya sehat untuk bayi:

 

1. Kembang kol dan ubi jalar
Kukus kembang kol dan ubi jalar sampai teksturnya lembek. Campurkan dengan 1 sdm minyak sayur dan susu atau ASI lalu blender hingga halus. Kombinasi puree ini kaya akan vitamin A, C dan asam folat yang baik untuk tumbuh-kembang bayi.

 

2. Wortel, daun bawang dan kentang
Tumis campuran daun bawang dan wortel kemudian tambahkan air. Tunggu hingga mendidih dan teksturnya menjadi lembut. Kemudian rebus kentang. Setelah itu, tumbuk di mangkuk bersih. Campurkan wortel dan kentang tumbuk. Tambahkan susu agar teksturnya lebih kental.

 

3. Brokoli, kacang polong dan kentang
Kukus brokoli, kacang polong dan kentang di panci terpisah. Tumbuk kentang dan campurkan dengan 1 sdm minyak sayur. Lalu, haluskan kentang tumbuk dengan rebusan kacang polong dan brokoli dengan blender. Tambahkan susu sebelum diberikan kepada bayi.

 

4. Avokad dan pisang
Haluskan avokad dan pisang matang, kemudian campur. Berikan kepada bayi dalam keadaan segar.

 

5. Ayam dan brokoli
Panaskan 1 sdm minyak sayur kemudian masukkan daging ayam yang sudah dicincang. Tambahkan air lalu diamkan selama 5 menit hingga ayam matang. Kukus brokoli lalu haluskan dengan blender. Lalu, campur daging ayam yang sudah halus dan brokoli. Jangan lupa tambahkan air agar teksturnya menjadi lebih lembek.

 

Selamat mencoba

 

(GAB/Pic.Google)

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: