Home > Bayi > ASI / MPASI > 4 Tips Lancar Menyusui

4 Tips Lancar Menyusui

Sebagian besar ibu baru melahirkan memiliki banyak kendala terkait hal menyusui. Ada yang mengalami lecet pada puting, perasaan tidak nyaman karena payudara sakit, ASI tidak keluar, dan lain-lain. Namun, pemberian ASI bagi si kecil sangat besar manfaatnya baik bagi ibu maupun anak. Untuk itu, ada tips menyusui agar lancar tanpa kendala yang bisa Moms simak di bawah ini:

1. Posisikan bayi dengan tepat

Ada banyak posisi menyusui yang bisa diterapkan Moms. Misalnya posisi menggendong bayi di kiri atau di kanan dengan tubuh saling menempel. Kemudian ada lagi posisi bayi berbaring di kasur dan Moms menyusui dengan posisi siku menyanggah tubuh. Jangan tergesa-gesa saat mau menyusui agar Moms dan bayi tetap merasa nyaman.

2. Hisap areola bukan puting

Kesalahan saat menyusui yang sering terjadi adalah Moms membiarkan bayi menghisap puting, bukan areola. Kebiasaan inilah yang menyebabkan payudara ibu terasa sakit saat menyusui. Moms harus mengarahkan mulut bayi secara langsung ke bagian areola bukan ke puting.

3. Rutin memijat payudara

Pemijatan payudara ini berguna agar ASI Moms lancar. Gunakan tiga jari, yakni telunjuk, tengah, dan manis untuk memijat dari pangkal payudara hingga ke puting.

4. Percaya diri

Penting juga bagi Moms, menyusui untuk percaya pada diri sendiri bahwa Moms bisa menyuplai ASI untuk gizi terbaik bagi anak.

Selamat menyusui, Moms!

 

Source : orami.co.id / Google

 

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: