Home > Bayi > 5 Cara Merawat Gusi dan Gigi Bayi

5 Cara Merawat Gusi dan Gigi Bayi

Siapa yang setuju senyum si kecil berharga? Pasti Ibu dan Ayah, begitu bahagia saat melihat sikecil tersenyum. Rasa lelah, capek setelah seharian beraktifitas serasa hilang, begitu melihat si kecil tersenyum apalagi dihiasi gigi susu bayi yang munggil.

Walaupun “hanya” gigi susu yang sifatnya sementara, tetap ya bu kebersihan perlu dijaga untuk mencegah pengaruh buruk untuk pertumbuhan gigi permanen.

 

1. 0-6 Bulan

Biasanya gigi munggil bayi akan muncul berupa tonjolan disepanjang geraham terbentuk saat bayi berusia 6 minggu. Itulah sebabnya pada saat hamil, ibu hamil di anjurkan untuk mengonsumsi asupan yang kaya kalsium untuk mendukung pembentukan giginya.

Pada saat sekitar usia 3-6 bulan, akan terjadi perubahan warna pada gusi bayi yang menandakan giginya akan tumbuh. Nah pada saat ini lah, untuk menjaga kebersihan mulutnya, di rentang usia ini mulailah kebiasaan membersihkan gusi dengan menggunakan finger brush atau kasa steril yang dibasuh air hangat.

Saat yang tepat membersihkan gusi bayi adalah selesai menyusu di pagi hari dan ketika mandi sore. Melalui perawatan ini dapat membentuk kebiasaan positif bagi sikecil untuk selalu membersihkan mulut, juga memudahkan masa transisi untuk mulai menggunakan sikat gigi.

 

2. 6-12 bulan

Pada usia ini, biasanya si kecil sudah memiliki gigi susu. Biasanya pertumbuhannya dimulai dari gigi tengah bawah terlebih dahulu, lalu gigi tengah atas dan samping.

Biasanya bayi akan rewel jika giginya akan tumbuh, oleh karena itu buatlah sikecil nyaman dengan memijat gusinya perlahan menggunakan kain kasa steril atau berikan teether.

 

3. 12-18 bulan

Jangan panik dulu jika diusia ini sikecil belum tumbuh gigi. Tunggu hingga ia berusia 15 bulan. Jika di usia ini giginya belum juga tumbuh, bisa di konsultasikan ke dokter. Dan biasanya dokter akan memeriksa kondisi gusinya dan menyarankan agar Ibu bisa lebih sering memijat gusi bayi untuk merangsang giginya tumbuh.

Diusia ini juga saat yang tepat untuk membelikan sikat gii dan pasta gigi sesuai usianya. Dan bisa memulai menyikat gigi dengan bantuan ibu ya. Bila sikecil menolak menyikat gigi, jangan menyerah. dan tetap lakukan dengan rutin. Salah satu cara lain, berikan contoh dengan mengajaknya menyikat gigi bersama, berikan sikat gigi berbentuk lucu.

Ibu bisa membacakan dogeng ataupun cerita tentang anak kecil yang suka gosok gigi.

Rentang usia ini juga saat yang tepat untuk mengenalkannya dengan dokter gigi.

 

Semoga bermanfaat

(GAB/Pic.Google)

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: