Home > Bayi > ASI / MPASI > 5 Jenis Ikan yang Aman dan Bergizi untuk MPASI

5 Jenis Ikan yang Aman dan Bergizi untuk MPASI

Ikan adalah salah satu makanan sehat yang bisa di berikan si kecil pada saat MPASI. Tapi sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter anak sebelum memberikan ikan untuk si kecil.

Apabila mempunyai riwayat keluarga alergi tinggi terhadap makanan tertentu, sebaiknya harus lolos test 3 hari makan berturut turut sambil dilihat reaksi alerginya.

Hal ini dikerenakan ikan merupakan salah satu makanan yang tingkat potensi alregi yang tinggi. Jadi sebaiknya untuk memulai MPASI dengan makanan padat seperti sereal bayi, buah, daging atau bubur sayuran, sebelum memperkenalkan ikan pada bayi.

Ikan apa yang baik di konsumsi bayi ?

1. Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki kandungan omega 3 yang tinggi sehingga penting untuk mengoptimalkan otak bayi agar lebih cerdas. Ikan salmon juga sangat bermanfaat bagi pertahanan tubuh bayi.

2. Nila

Kandungan yang ada di dalam ikan nila sebagai bahan MPASI adalah protein, fosfor dan asam lemak Omega 3.  Selain itu ikan nila juga bermanfaat untuk menjaga tubuh si kecil tetap sehat.

3. Ikan lele

Jangan remehkan ikan yang satu ini ya bu, karena kandungannya sama seperti ikan nila dan ikan salmon. Ikan lele memiliki kandungan omega 3 yang penting untuk bayi. Ikan lele juga mengandung fosfor yang baik bagi pertumbuhan sekaligus perkembangan otak bayi.

4. Ikan Kod

Ikan kod kaya akan vitamin A dan D tentunya sangat bermanfaat bagi keshatan tulang dan gigi si kecil. Selain itu asam lemak Omega 3 dan Omega 6 yang baik bagi pertumbuhan sel-sel otak bayi.

5. Ikan gabus

Taukah bu, ikan gabus mengandung protein yang kadarnya melebihi telur, daging sapi dan daging ayam. Ikan yang satu ini juga mengandung protein albumin tertinggi di bandingkan sumber protein albumin yang ada pada ikan-ikan lainnya.

Tips menyajikan bahan MPASI ikan untuk bayi

– membuang duri dan kulit ikan untuk mencegah Si kecil tersedak

– cara memasaknya bisa dengan memanggang atau mengukus ikan

– penyajiannya dalam potongan-potongan kecil yang ditaburkan atau dicampurkan ke dalam bubur tim.

– jangan lupa untuk memperhatikan gejala alergi yang mungkin akan muncul

 

Selamat berkreasi 

 

(GAB/Dok.Google)

 

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: