Home > Bayi > ASI / MPASI > 5 Makanan Berbahaya untuk Ibu Menyusui

5 Makanan Berbahaya untuk Ibu Menyusui

Saat menyusui adalah saat dimana Moms membutuhkan banyak asupan makanan sehingga sangat sah jika Moms jadi lebih gampang lapar dan suka makan. Tapi, perlu Moms ketahui bahwa ada beberapa jenis asupan yang cukup berbahaya dan tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh Moms lho. Intinya, Moms tidak bisa sembarangan mengkonsumsi makanan atau minuman ya, karena tentu saja apa yang Moms makan dan minum akan berpengaruh terhadap kualitas ASI Moms. Berikut ini ada 5 daftar makanan atau minuman yang sebaiknya Moms hindari, dilansir dari berbagai sumber :

Batasi kafein itu perlu, apalagi saat menyusui

Moms adalah penyuka kafein? Baik kopi ataupun teh sebaiknya dikonsumsi secara wajar, kalau bisa bahkan dikurangi asupannya. Missal, dalam sehari Moms bisa mengkonsumi 3 kali kafein, saat sarapan, jam makan siang, atau mungkin jam santai sore. Tapi ternyata jika saat menyusui Moms masih sering mengkonsumsi kafein, maka hal ini akan berpengaruh pada bayi Moms lho. Secara otomatis ASI Moms juga akan bercampur dengan kafein sehingga ikut tertelan oleh si kecil. Hal ini akan membuat si kecil kesulitan tidur dengan tenang. Kafein bisa membuat bayo Moms tidak nyaman sehingga ia kemungkinan akann jadi lebih rewel karena tidak bisa tidur.

Kurangi minuman bersoda yuk Moms

Soda punya sifat dapat mengikat nutrisi dalam tubuh, sehingga ASI pun kandungannya menjadi tak lagi sempurna. Dengan sering mengkonsumsi soda, maka ASI Moms akan berubah menjadi encer, ASI yang encer tentu saja punya kandungan vitamin yang jauh lebih sedikit sehingga kualitas dan produksi ASI menjadi tidak terlalu bagus.

Santan juga kurang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui

Jika saat hamil juga tidak disarankan mengkonsumsi banyak santan karena ditakutkan air ketuban menjadi keruh, maka begitu pula saat sedang menyusui. Makanan bersantan ternyata bisa membuat bayi sering gumoh, perut kembung, hingga rewel karena merasa tidak nyaman ditubuhnya. Untuk bayi di bawah 6 bulan, kandungan santan pada ASI Moms bisa membuat lambungnya juga iritasi.

Hindari minuman beralkohol

Sadarlah satu hal Moms, baik sedang hamil, menyusui, atau pun sedang dalam kondisi sehat sekalipun, minuman beralkohol tidak baik dikonsumsi. Untuk ibu yang sedang menyusui, kandungan alkohol bisa membuat nutrisi dan vitamin pada ASI itu sendiri hilang. Moms akan sia – sia ketika memberi ASI untuk si kecil karena ASI sudah tak lagi berkualitas. Bayi yang terlanjur mengkonsumsi ASI yang mengandung alkohol bisa terkena resiko kejang – kejang, diarem bahkan bisa berujung pada kematian.

Jangan merokok dan menjauhlah dengan asap rokok

ASI bisa tercemar oleh nikotin, baik karena Moms merokok atau saat Moms sedang berada di dekat orang merokok. Lagi – lagi ASI akan menjadi encer (kualitasnya berkurang), vitamin dan nutrisi yang terkandung pun akan hilang. Bayi Moms selain bisa kejang juga bisa mengalami keracunan. Pada dasarnya, asap rokok memang tak baik ya Moms, entah itu untuk perokok aktif maupun pasif.

 

Source : mamaway.co.id / Google

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: