Home > Bayi > ASI / MPASI > 5 Makanan Pelancar ASI, Selain Daun Katuk

5 Makanan Pelancar ASI, Selain Daun Katuk

Daun katuk dipercaya untuk meningkatkan ASI, semua ibu menyusui tentu paham betul tentang manfaat daun katuk.

Namun, tak jarang ibu menyusui kesusahan dalam mencari daun katuk, apalagi mommy yang tinggal ditengah kota. Jangan menyerah untuk menyusui ya moms, karena selain daun katuk ada pelancar asi lainnya yang mudah di dapat, kita simak yuk.

1. Edamame/Kedelai Jepang

Edamame atau kedelai Jepang kaya kandungan protein nabati. Edamame juga mengandung zat besi, mangan, vitamin K, asam folat, riboflavin, vitamin C, magnesium, kalium dan fosfor.

Saat Moms sedang bosan mengonsumsi ikan, daging atau unggas sebagai sumber protein, tentunya Moms bisa mengonsumsi edamame. Takaran yang dibutuhkan oleh ibu menyusui adalah 65 gr setiap hari.

2. Bunga Pepaya

Bunga pepaya mengandung vitamin C, vitamin A, fosfor dan kalsium. Selain itu, bunga pepaya juga mengandung enzim papain yang sangat berguna untuk mempercepat proses pencernaan protein.

Enzim papain mampu memecah protein yang Moms makan, terutama saat menyusui dibutuhkan sekitar dua kali lipat protein dibandingkan kebutuhan normal. Bahkan bunga yang berwarna kuning pucat ini mampu merangsang nafsu makan.

3. Bayam Hijau/Merah

Kaya akan kandungan zat besi, vitamin B6, asam folat, thiamin, ribloflavin, protein, magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A, kalium hingga vitamin C, E dan K. Kandungan vitamin B6 pada bayam saat dimanfaatkan sebagai sayuran pelancar ASI mampu membangun sistem kekebalan tubuh bayi.

Saat menyusui, Moms membutuhkan vitamin B6 lebih banyak dibandingkan saat hamil. Bayam bahkan rencah kalori dan sama sekali tidak mengandung lemak.

Bayam yang paling baik untuk dikonsumsi adalah berwarna hijau atau merah pekat. Kepekatan warna bayam menjadi salah satu ciri tingginya kandungan karoten yang berguna untuk melawan radikal bebas.

4. Pare

Apakah Moms  tidak suka pare karena rasanya yang pahit? Pare sebenarnya kaya kandungan vitamin C, anti oksidan yang sangat bermanfat melindungi sel-sel dalam tubuh dari ancaman kerusakan, meningkatkan kesehatan gusi, gigi hingga pembuluh darah. Termasuk membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Selain itu, kandungan likopen dan fitokimia di dalam pare bermanfaat untuk merangsang produksi insulin.  Pare juga dikenal berguna sebagai antikanker, pembasmi cacing usus dan antibiotik antivirus.

5. Pepaya

Bukan hanya enak, pepaya mengandung vitamin C, vitamin A, kalium dan asam folat yang tinggi. Pepaya juga rendah kandungan lemak jenuh, kolesterol dan natrium.

Bahkan di dalam pepaya terkandung 33% vitamin dan 50% kalium lebih banyak dibanding jeruk. Kandungan vitamin dalam pepaya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalium pada masa menyusui.

 

Itulah pilihan makanan pelancar ASI yang bisa Moms konsumsi. Apakah Moms sudah pernah mencoba salah satunya? Bagaimana cara Moms mengolah makanan pelancar ASI tersebut agar terasa lebih nikmat tanpa mengurangi khasiatnya?

 

Source : orami.co.id / Google

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: