Saturday, May 19, 2018
Home > Bayi > ASI / MPASI > 7 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bayi

7 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bayi

Agar Ibu tak salah pilih berbagai bahan MPASI bayi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa sumber makanan yang tidak dianjurkan untuk diberikan kepadanya. Ada beberapa bahan makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bayi, yakni sebagai berikut:

  1. Makanan Manis
    Bayi sebaiknya tidak dikenalkan terlebih dahulu dengan makanan manis. Makanan manis seperti permen, es krim, biskuit tidak baik untuk pertumbuhan giginya dan juga memiliki gizi yang kurang seimbang. Jika bayi di bawah usia satu tahun sudah dibiasakan dengan makanan yang manis-manis, maka memori akan makanan berasa manis akan terus diingatnya dan membuatnya cenderung suka makanan manis ketika ia semakin besar.
  2. Madu
    Madu juga tidak cocok diberikan untuk bayi di bawah 1 tahun karena bisa membuat tenggorokannya terasa lengket.
  3. Putih telur
    Putih telur mengandung suatu jenis protein yang tidak dapat diubah menjadi asam amino yang dapat terserap dalam darah dan memicu alergi.
  4. Buah-buahan yang menimbulkan gas
    Beberapa buah seperti nangka, mangga, dan durian sebaiknya ditunda pemberiannya untuk bayi karena dapat menimbulkan gas dalam lambungnya.
  5. Bumbu dapur
    Hindari pemberian bumbu dapur, seperti garam, vetsin, lada, dan juga bawang-bawangan. Ginjal bayi belum kuat menangani garam. Selain itu, pemberian lada dan bawang-bawangan dapat meningkatkan asam lambung bayi.
  6. Strawberry
    Buah ini memang kaya akan vitamin C dan antioksidan yang sangat baik untuk keluarga, tetapi tidak untuk bayi di bawah satu tahun yang cenderung memiliki riwayat alergi seperti ruam-ruam dan lainnya.
  7. Cokelat
    Baik cokelat yang berbentuk batangan, bubuk, dan permen sebaiknya ditunda untuk diberikan bayi di bawah satu tahun karena mengandung kafein dan gula yang tinggi.
GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: