Home > Bayi > ASI / MPASI > 7 Sayuran yang Baik Dikonsumsi untuk MPASI Bayi

7 Sayuran yang Baik Dikonsumsi untuk MPASI Bayi

Ibu pasti sangat bahagia melihat tumbuh kembang si Kecil yang semakin hari semakin membanggakan. Tak terasa, usianya kini sudah 6 bulan. Semenjak kelahirannya, satu-satunya nutrisi terbaik yang diberikan sampai usianya 6 bulan adalah ASI (Air Susu Ibu). Namun, setelah usianya 6 bulan, ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Oleh karena itu, ia harus diberikan makanan lain, yakni makanan pendamping ASI atau yang akrab disebut MPASI.

Banyak Ibu yang masih bingung menyoal MPASI untuk bayinya. Terlebih, bagi Ibu baru yang belum memiliki pengalaman dalam merawat dan membesarkan bayinya. Untuk makanan pendamping ASI bayi 6 bulan, sebaiknya sayuran masuk dalam daftar nutrisi wajib hariannya. Sayuran kaya vitamin dan mineral yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi sebagai pendukung tumbuh kembangnya. Sayuran memang berasa hambar dan biasanya kurang disukai anak-anak. Oleh karena itu, Ibu sebaiknya mulai memperkenalkan si Kecil makan sayuran sejak usia dini agar ia terbiasa mengonsumsi bahkan hingga dewasa nanti. Berikut ini beberapa sayuran terbaik yang dapat Anda pilih sebagai MPASI bayi 6 bulan:

  • Zucchini
    Sayuran yang mirip dengan terong ini sangat baik dijadikan MPASI bayi. Sayuran ini kaya serat, mengandung vitamin A, C, K, fosfor, dan magnesium. Zucchini merupakan antioksidan yang baik, bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit, dan juga tulang.
  • Bayam
    Sayuran hijau yang satu ini penting dalam mendukung perkembangan otak bayi. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya juga sangat banyak, yakni mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, asam folat, kalsium, fosfor, zat besi, dan mangan. Bayam merah memiliki kandungan kalsium sangat tinggi. Kandungan kalsium dalam 100 gram bayam merah adalah 368 miligram. Tak hanya itu, bayam merah juga kaya akan vitamin A, B1, C, dan zat besi.
  • Jagung manis
    Berbagai olahan MPASI bayi bisa dibuat dari jagung, seperti bubur, dan sup. Jagung kaya akan karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C, asam folat, kalium, fosfor, magnesium, asam lemak omega 3 dan 6, dan kholin.
  • Wortel
    Wortel sangat baik untuk kesehatan mata bayi. Anda dapat menyajikan parutan wortel sebagai campuran bubur halus bayi.
  • Kentang
    Sayuran berbentuk bulat ini kaya karbohidrat yang dapat memasok energi untuk si Kecil yang mulai aktif bergerak. Kentang juga mengandung potassium, vitamin C, vitamin B1, B2, dan B3, protein, dan zat besi.
  • Brokoli
    Sayuran hijau ini kaya akan kalsium dan asam folat. Bentuknya memang cukup keras, sehingga harus dihaluskan terlebih untuk dijadikan MPASI bayi.
  • Labu siam
    Labu siam juga merupakan sayuran yang kaya akan fosfor dan kalsium dan sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

 

Source : Ibudanmama.com / Google

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: