Home > Keluarga > 8 Kebiasaan Mama yang Bikin Bayi Jadi Cerdas

8 Kebiasaan Mama yang Bikin Bayi Jadi Cerdas

Ibu mana sih yang tidak mau punya anak yang cerdas? Bisa dibilang memang impian siapapun. Melihat buah hati sendiri yang begitu cerdas sejak kecil selalu jadi hal membahagiakan. Dengan cara sederhana yang sehari-hari ibu biasa lakukan, hal-hal itu memang bisa membuat bayi jadi pintar. Dan ini dia 8 hal yang bisa membuat bayi jadi cerdas.

1. Asi tidak hanya sekedar asupan

Pasti ibu ibu disini sudah tahu banyak soal ASI, mengenai asupan terbaik bagi bayi. Kandungannya bermanfaat bagi kesehatan, pertumbuhan, dan kecerdasaan, bahkan vitamin apapun tidak mengalahkannya. Oleh karena itu, pemberian ASI eksklusif sangat dianjurkan untuk keberlangsungan hidup bayi. Selain itu, terdapat penelitian yang menyatakan bahwa anak-anak yang diberi ASI eksklusif memang terbukti memiliki hasil tes lebih baik dibanding yang tidak.

2. Kontak mata

Wajah bayi yang polos pasti buat ibu ibu makin gemas setiap saat. Nah ketika sedang bermain jangan sungkan ya bu, untuk selalu menatap matanya agar konsentrasi dan kepekaan terlatih. Lewat ekspresi wajah si kecil mengerti dan paham apa yang orang lain maksud nanti dari wajah.

3. Mengajak bicara dan bernyanyi

Cara yang pasti adalah sebisa mungkin aja si kecil ngobrol. Jangan salah ya bu, meskipun si kecil belum bisa ngomong dan terkesan tidak mengerti apa yang ibu lakukan, hal tersebut tidak masalah arena semakin dia sering ibu berbicara, kosa kata yang tersimpan dalam memori otaknya bertambah. Lambat laun pun dia mengerti dan akan merespons kata-kata ibu. Apalagi kalau sering diajak bernyanyi juga, cara komunikasimu dengan dia makin menyenangkan.

4. Bermainlah

Tidak selamanya bermain itu tidak belajar. Buat si kecil bermain adalah salah satu media untuk dia belajar. Percayalah jika sering bermain bersamnya akan membuat dia jadi cerdas. Karena terbiasa merespon gerakan dan kata-kata. Bermainlah permainan sederhana, misalkan cilukba, petak umpet. dengan begitu kepekaan dan daya pikirnya akan terlatih.

5. Mengexplore tempat baru

Si kecil perlu loh bu untuk mengenal tempat baru, tidak perlu jauh jauh seperti dihalaman rumah. Tapi, bagusnya pilih waktu yang nggak terlalu ramai agar tidak banyak polusi udara yang terhirup. Maka dari itu, si kecil nanti dapat mengenal hewan-hewan sekitar rumah seperti kucing, ayam, dan burung, plus beragam kendaraan yang hilir-mudik. Pengetahuannya jadi semakin kaya loh Bu.

6. Menunjukan foto pada anak

Menunjukkan foto-foto pada anak bayi akan membuat dia jadi pandai mengenal orang lain. Bayi jadi belajar bagaimana cara membedakan dan mengingat rupa orang. Tanpa disadari hal itu pun akan melatih daya ingatnya.

7. Membacakan buku

Tidak ada salahnya dari dini sudah mengenalkan buku pada si kecil. Lakukan hal yang simple saja misalkan menghitung jumlah hewan, atau bisa menyebutkan apa yang sedang ia tunjuk.

8. Membedakan suhu minuman dan rasa

Bisa di mulai dengan memberikan air dingin dan panas beberapa tetes saja. Atau ibu juga bisa memberikan beragam makanan (sesuai umur) agar dia mengerti perbedaan rasa. Semakin banyak yang ibu berikan, dia jadi makin banyak mengenal perbedaan yang dirasakan oleh indera pengecap.

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: