Home > Kehamilan > Atasi Mual Ibu Hamil dengan Makanan Sehat ini

Atasi Mual Ibu Hamil dengan Makanan Sehat ini

Malas makan saat di awal kehamilan? Wajar saja karena adanya perubahan hormon ketika hamil. Tapi bukan menjadi alasan untuk kita tidak makan karena perkembangan janin sangat ditentukan di awal kehamilan melalui asupan nutrisi yang dikonsumsi. Atasi mual dengan makanan sehat untuk ibu hamil berikut ini.

Menurut dr. FiastutiWitjaksono Ms.,Sp. GK, pakar gizi, untuk para ibu hamil yang masih mengalami rasa mual di awal kehamilan disarankan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dengan porsi yang kecil. Berikut daftar makanan sehat yang wajib dikonsumsi ibu hamil dan juga bisa mengurangi rasa mual ketika menyantapnya

Brokoli
Selama kehamilan trimester pertama sangat disarankan untuk banyak mengonsumsi sayuran hijau karena kandungan seratnya dapat mencegah konstipasi selama kehamilan. Selain itu, brokoli juga mengandung folat, kalsium, lutein, zeaxantin dan karotenoid yang baik untuk untuk membantu perkembangan penglihatan janin dalam perut. Kalium yang terkandung dalam brokoli membantu menormalkan tekanan darah. Sajikan brokoli sebagai camilan atau dalam bentuk salad segar dengan merebusnya.

Yogurt

Saat positif hamil, biasanya dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi susu. Kalau kita tidak terbiasa minum susu atau bahkan baru mencium bau susu bisa langsung mual, cobalah untuk mengganti susu dengan yogurt. Karena kandungan dalam yogurt ternyata lebih baik dari segelas susu. Yogurt mengandung protein, kalsium, vitamin B, dan seng. Bahkan, dipercaya kalsium dalam yogurt lebih tinggi dari susu. Untuk variasi kita bisa menambahkan yogurt pada potonga buah pisang dan kurma. Selain itu, kita juga bisa membuat smoothies dengan yogurt sehingga mengaburkan rasa mualmu. Bukan hanya sehat, makanan ini juga bisa menjauhkan kita dari mual.

Berries

Rasanya yang asam dan menyegarkan pasti akan membantu menghilangkan rasa mual. Mengonsumsi keluarga besar berry seperti buah stroberi, blueberry, dan raspberry setiap hari sangat disarankan untuk ibu hamil. Stroberi, blueberry dan raspberry kaya akan kandungan vitamin C, potassium, folat, serat dan antioksidan yang tinggi. Bahkan, kandungan phytonutrien dalam berry buah dipercaya dapat menjaga kerusakan sel tubuh ibu dan calon bayi.

Daging

Makanan sehat untuk ibu hamil berikutnya adalah daging. Daging merupakan sumber protein hewani yang baik, sumber vitamin B12, B6, dan niacin. Mengonsumsi daging dapat mencegah anemia selama kehamilan. Selain itu daging juga mengandung kolin yang akan membantu perkembangan janin. Bagaimana kalau tidak suka makan daging selama hamil muda? Sepertinya kamu harus mulai mencoba untuk berkreasi dengan menu daging karena asupan daging selama kehamilan trimester pertama sangat penting. Campurkan potongan daging tipis ke dalam pasta kesukaanmu.  Membuat burger atau sandwich bisa jadi ide menarik sebagai variasi dalam menyantap daging.

Kacang-kacangan

Jenis makanan kacang-kacangan menjadi sumber protein, zat besi dan protein, zat besi dan  folat, kalsium, dan seng. Mineral ini diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan pada janin 3 bulan pertama. Kamu bisa mengonsumsi kacang hijau, kacang merah dan kacang kedelai sebagai menu makanan selama hamil. Kacang-kacangan tersebut juga bisa dijadikan camilan sehat dan aman dikonsumsi setiap saat. Saat menonton televisi atau saat santai sambil menyantap kacang kedelai kering atau kacang mete tentu akan menjadi aktivitas yang menyenangkan bukan?

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: