Home > Bayi > ASI / MPASI > Bahan Alami Pengganti Gula untuk MPASI

Bahan Alami Pengganti Gula untuk MPASI

Usia enam bulan merupakan masa si kecil mencoba dan mengeksplor makanan baru. Biasanya di usia ini bayi sudah bisa diberikan MPASI atau yang disebut dengan makanan pendamping ASI. Ketika bayi sudah memasuki masa MPASI, sebagai orang tua Anda harus pintar-pintar memilih asupan makanan yang kaya nutrisi untuknya. Nah, jika Anda ingin berkreasi dengan menu MPASI bayi di bawah satu tahun, jangan lupa hindari dulu penggunaan gula, ya.

Meski Anda disarankan untuk menghindari gula pada MPASI, ini buka berarti tidak memberi si kecil makanan manis sama sekali. Anda masih bisa mengenalkan rasa manis kepada si kecil dengan menggunakan bahan pemanis alami. Tidak sulit mencari bahan-bahan pemanis alami untuk MPASI bayi. Beberapa bahan alami pengganti gula MPASI bayi di antaranya:

1. Pisang

Pisang merupakan MPASI bayi yang paling populer. Selain karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, pisang merupakan makanan yang murah dan mudah ditemukan. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi dalam pisang pun juga berlimpah. Pada buah pisang mengandung fosfor, kalium, asam folat, dan vitamin A yang baik untuk kesehatan bayi anda.

Penyajian pisang pada tahap pengenalan MPASI bida dilakukan dengan mengeruk daging buah pisang hingga lembut kemudian sajikan pada bayi. Ada pula yang dibuat campuran bubur atau pure sehingga menambah rasa dan tidak membuat bayi Anda cepat bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

2. Pir

Kandungan gizi di dalam buah pir yaitu fosfor, kalium, kalsium, dan vitamin C. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan bayi. Jika Anda ingin menggunakan pir sebagai MPASI, Anda bisa menyajikan buah ini dengan cara dipotong kecil-kecil kemudian kukus atau tim sampai lunak.

3. Apel

Apel mengandung kalium,fostor, kalsium, megnesium, vitamin A, vitamin C. Sama seperti pir, Anda bisa menyajikan ape dengan cara dipotong kecil-kecil lalu direbus hinga lunak. Nah, sesudah apel lunak Anda bisa langsung masukan ke dalam blender dan dibuat menjadi puree (bubur).

4. Wortel

Meskipun wortel tidak semanis makanan yang sudah disebutkan di atas, namun wortel adalah salah satu sayuran yang banyak direkomendasikan sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi setelah masuk usia 6 bulan. Pasalnya, sayuran yang satu ini banyak mengandung vitamin dan mineral, membantu melancarkan sistem pencernaan bayi, serta mencegah sembelit karena mengandung serat tinggi. Anda bisa mengolah wortel sebagai finger food atau dibuat puree seperti makanan yang di atas.

 

Kenapa MPASI bayi di bawah satu tahun harus menghindari gula?

para ahli mengajurkan orangtua memberikan berbagai macam jenis makanan saat MPASI agar membuat si kecil tidak jadi anak yang suka pilih-pilih makanan. Akan tetapi, Anda harus ingat. MPASI merupakan salah satu cara untuk melatih si kecil dalam mengeksplor rasa dan tekstur makanan yang harus diberikan secara bertahap.

sebaikanya hindari tambahan gula pada MPASI bayi. Sebenarnya tidak hanya gula saja, Anda juga sebaiknya menghindari tambahan garam pada MPASI bayi hingga usianya satu tahun. Usia satu tahun dinilai sebagai usia yang ideal karena pencernaan bayi sudah siap serta pola makananya juga sudah mulai terbentuk.

 

Source : hellosehat.com / Google
GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: