Home > Bayi > Bayi Hanya Boleh Menggunakan Car Seat Paling Lama 2 Jam

Bayi Hanya Boleh Menggunakan Car Seat Paling Lama 2 Jam

Apakah ibu dan ayah disini termasuk pengguna carseat untuk si kecil? Mungkin di Indonesia pemakaian carseat saat berpergian belum terlalu keharusan layaknya di luar negeri. Tapi saat ini banyak juga para orang tua di Indonesia sudah mulai menyadari penting nya carseat untuk keamanan si kecil.

Tapi tahukah bu, jika pemakaian carseat untuk bayi tidak boleh melebihi 2 jam?

Nah jika lebih dari 2 jam sebaiknya bayi dikeluarkan dari carseat karena akan membahayakan nyawanya.

 

Alasan mengapa bayi tidak boleh duduk di carseat lebih dari 2 jam

  • Tulang belakang bayi baru lahir masih belum tumbuh secara sempurna dan posisi duduk tersebut membebani tulang belakang.
  • Terbatasnya udara yang masuk ke paru-paru Si Kecil. Risiko ini bertambah ketika Si Kecil tertidur di car seat dengan posisi kepala miring ke arah bawah. Pasalnya, kepala bayi baru lahir belum memiliki reflek untuk tegak. Sehingga kepala yang miring, dapat menutup jalur masuk udara ke paru-paru.

 

Tips Aman Menggunakan Car Seat

  1. Gunakan carseat untuk si kecil sesuai pentujuk yang diberikan. Perlu diketahui bahwa tiap merek carseat memilki tingkat keamanan yang berbeda.
  2. Gunakan sabuk pengaman tidak terlalu kencang dan tidak terlalu longgar
  3. Ini penting! Jangan jadikan carseat sebagai tempat tidur sikecil. Bayi sebaiknya tidur di kasur yang cukup padat dan rata.
  4. Selalu awasi sikecil saat duduk di carseat. Ajaklah seseorang untuk mengawasi si kecil. Apabila ibu terpaksa berkendara sendiri, selalu cek kondisi sikecil sesering mungkin terutama di bagian leher.
  5. Gunakan  carseat yang sesuai dengan usia si kecil.

 

 

Semoga bermanfaat

(GAB/Pic.Google)

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: