Home > Bayi > Bayi Suka Memasukan Tangan ke Mulut Ternyata Bermanfaat

Bayi Suka Memasukan Tangan ke Mulut Ternyata Bermanfaat

Bu, siapa yang disini suka melarang si kecil memasukan tangan ke mulut? Pasti gerakan pertama yang Ibu lakukan adalah melarangnya. Tapi siapa sangka kegiatan si kecil tadi bermanfaat loh untuk tumbuh kembang si kecil. Simak yuk Bu manfaat apa saya yang didapat ketika bayi suka memasukan tangan ke mulut.

1. Membiarkan bayi belajar mengenal anggota tubuhnya

Jika ibu melihat, sebelum bayi memasukan tangan, bayi akan memainkan tangannya, ia akan melihat jari jarinya dahulu, mengamati dan menyadari bahwa ia memilki bagian tubuh lain. Lalu lewat kegiatan tersebut, bayi menyadari bahwa ia memilki bagian tubuh lain yaitu mulut. Kegiatan bayi yang suka memasukan tangan kemulutnya bayi akan belajar mengoordinasikan anggota tubuhnya.

2. Refleks muntah pada bayi

Proses bayi muntah saat memasukan tangan ke mulut adalah wajar. Biarkan ia belajar mengenal berbagi proses dalam tubuhnya. Pada saat bayi memasukkan tangan ke mulut secara tidak langsung dia menekan refleks muntahnya ke belakang. Dia akan melakukan terus menerus hingga akhirnya refleks muntahnya pindah ke belakang.

3. Aman dan nyaman

Mulut bagi bayi adalah jendela kehidupannya untuk saat ini. Sehingga hal ini membuat bayi ketika memasukan tangan ke mulut adalah hal ternyaman dan aman bagi bayi.

4. Langkah awal

Eksplorasi yang dilakukan bayi saat memasukan tangan ke mulut membuat lidah dan rahangnya bergerak. Tahap ini merupakan langkah awal bayi untuk menstimulus yang berguna bagi perkembangan bayi selanjutnya

5. Terbiasa dengan benda padat

Dengan berekplorasi, biasanya air liur akan keluar dengan sendirinya. Hal ini menjadi dasar menuju perkembangan berikutnya, menuju padat. Jadi, saat Anda berikan bubur susu, bayi tidak akan muntah. Berbeda dengan bayi yang tidak pernah memasukkan tangannya ke mulut, ia pasti tidak akan suka.

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: