Saturday, May 19, 2018
Home > Bayi > ASI / MPASI > Berapa Jumlah ASI Ketika MPASI

Berapa Jumlah ASI Ketika MPASI

Ketika tiba waktu untuk memperkenalkan MPASI, orangtua merasa senang karena bayi mereka tumbuh dan siap mencoba makanan, tekstur, dan rasa baru. Tapi di waktu yang sama muncul pertanyaan, “Berapa banyak ASI yang bayi butuhkan ketika mulai makan MPASI?”

Bayi yang mulai makan MPASI tidak berarti ia tidak lagi membutuhkan ASI. Faktanya, ASI atau susu formula akan jadi sumber nutrisi utama hingga ia berumur satu tahun. Anda bisa tetap menyusui setelah usianya 1 tahun selama Anda dan bayi merasa nyaman.

Oh iya, jangan percaya kalau ada yang mengatakan ketika Anda mulai memberikan MPASI, bayi akan tidur sepanjang malam. Penelitian menunjukkan kalau ini tidak benar, lagi pula pola tidur tiap bayi akan berbeda.

 

Jumlah ASI/Susu Formula Ketika MPASI

Orangtua yang baru memulai transisi ke MPASI tentu ingin tahu berapa banyak ASI yang dibutuhkan bila anak telah makan MPASI, berikut jawabannya:

  • ASI

    Sebelum bayi memulai MPASI, ia mungkin minum sekitar 560 sampai 880 ml ASI per hari dengan jumlah rata-rata sekitar 739 ml. Ketika memperkenalkan MPASI, asupan ASI akan mulai menurun.

    Tapi Anda harus selalu memastikan bayi mendapat cukup ASI untuk menyediakan semua nutrisinya hingga ia berumur satu tahun. Jumlah ASI yang bayi butuhkan akan bergantung banyak faktor, termasuk berapa banyak MPASI yang ia makan. Satu penelitian tentang asupan ASI menemukan asupan ASI bayi sekitar 875 ml per hari pada usia 7 bulan dan sekitar 550 ml pada usia antara 11 hingga 16 bulan.

    Penelitian lain menyatakan jumlah asupan ASI pada usia satu hingga dua tahun biasanya antara 400 sampai 550 ml. Dari usia 24 sampai 36 bulan, rata-rata jumlah ini menurun menjadi 300 sampai 360 ml per hari.

  • Susu formula

    Ketika memulai MPASI pada bayi, asupan susu formula hariannya perlahan mulai menurun hingga mencapai sekitar 720 ml. Ketika bayi makan MPASI secara teratur, jumlah ini akan menurun menjadi sekitar 500 sampai 600 ml per hari. Bila bayi tidak ingin minum susu sebanyak ini, coba berikan makanan dengan campuran susu seperti yoghurt atau puding nasi. Setelah bayi berumur 1 tahun, ia bisa beralih dari susu formula ke susu sapi penuh lemak.

     

Jumlah MPASI Bayi

Para ahli menganjurkan Anda membiarkan bayi menentukan berapa banyak MPASI yang ia makan. Ia hanya akan makan ketika lapar. Setelah minum susu/ASI di pagi hari, tunggu satu atau dua jam dan tawarkan MPASI sebanyak yang ia mau. Cukup tawarkan pilihan makanan bernutrisi dan biarkan ia yang menentukan. Sering kali, bayi antara usia 8 sampai 9 bulan sudah makan 3 kali MPASI setiap hari, tapi tiap bayi berbeda.

Banyak orangtua ingin tahu pasti berapa banyak makanan yang anak konsumsi setiap hari atau mencari panduan yang spesifik untuk diikuti. Pada kenyataannya, tugas satu-satunya Anda sebagai orangtua adalah memberi anak makanan yang sehat. Bayi yang akan memutuskan berapa banyak yang ia makan.

 

Cara Menawarkan ASI/Susu Formula Ketika Sudah Mulai MPASI

Para ahli menyarankan Anda memberikan ASI sebagai makanan pertama di pagi hari. Lalu Anda bisa menunggu setengah sampai 1 jam, lalu berikan MPASI. Ini tujuannya agar bayi tidak kekenyangan dengan MPASI dan menolak ASI. Hingga usianya 1 tahun, ASI tetap menjadi sumber nutrisi paling penting.

Ketika bayi mulai MPASI, ia akan memberi petunjuk kapan ia mau menyusu dan ketika ia merasa kenyang. Ia akan melakukan hal yang sama pada MPASI. Kebanyakan bayi bisa mulai MPASI di usia sekitar 6 bulan ketika bisa duduk sendiri, tidak mendorong makanan keluar dari mulut, dan bisa menahan makanan.

Pada bayi yang minum susu formula, setelah mulai memperkenalkan MPASI, waktu makan akan lebih menantang. Langkah berikut bisa membuatnya lebih mudah dan lebih menyenangkan baik untuk Anda maupun bayi:

  • Ajak bayi bermain dan bereksplorasi dengan makanannya. Ini jadi cara untuk membantu perkembangannya.
  • Bayi di posisi duduk ketika makan. Anda bisa sediakan tempat duduk khusus atau ia bisa duduk di pangkuan dan bila ia sudah bisa duduk sendiri, pindahkan ke highchair.
  • Biarkan bayi memegang sendok ketika Anda menyuapinya dengan sendok lain untuk mulai memperkenalkan alat makan. Perlahan ajak ia menyuap sendiri makanannya.
  • Ketika anak mencapai usia sekitar 9 bulan, ia mungkin telah siap untuk minum dari gelas. Coba isi gelas dengan ASI atau susu formula untuk membantunya berhenti menggunakan botol susu.
  • Jangan paksa bayi mencoba makanan baru bila ia tidak mau. Coba tawarkan di lain waktu.
  • Sajikan makanan untuk porsi satu kali makan. Kemungkinan bayi tidak menghabiskan seluruhnya dan liurnya bisa merusak makanan yang tersisa. Anda bisa menyimpan MPASI selama 3 hari di lemari pendingin.
  • Bila bayi menunjukkan tanda kalau ia kenyang, hentikan menyuapinya. Bila pertumbuhannya baik, berarti ia cukup makan.

 

MPASI Sebelum Atau Setelah Menyusu?

Tujuan utama MPASI di tahun pertama usia anak adalah melengkapi ASI, bukan menggantikannya. Ini berarti ketika MPASI diperkenalkan, pola menyusui tidak terganggu sama sekali, tapi bayi yang menerima MPASI perlahan meningkatkan jumlahnya ketika selera makan meningkat.

Yang utama adalah menjaga ASI sebagai sumber nutrisi utama bayi sepanjang 1 tahun. Ini penting untuk nutrisi dan kesehatannya. Nutrisi pada ASI penting untuk pertumbuhan dan perkembangan selama tahun pertamanya.

Menyusui sebelum memberikan MPASI jadi cara untuk membantu transisi ke MPASI agar produksi ASI ibu tetap terjaga dan bayi mendapat ASI yang ia butuhkan. Bila menyusui lebih dulu, Anda tidak perlu khawatir bayi terlalu banyak makan MPASI, Anda bisa tawarkan sebanyak yang ia mau.

Sebaliknya, MPASI sebelum menyusui bisa jadi pilihan tepat bila:

  • Anda memastikan kalau menyusui tetap yang utama dengan membatasi jumlah dan frekuensi MPASI dan perlahan meningkatkannya.
  • Anda berencana menyapih dini (antara 6 sampai 12 bulan) atau dalam proses menyapih.

 

Mengatasi Bayi yang Menolak MPASI

Banyak bayi yang lambat menerima MPASI. Ketika MPASI diperkenalkan, wajar bila bayi butuh waktu beberapa bulan sebelum bisa menerimanya dengan baik. Bayi yang lambat tumbuh gigi dan bayi yang sensitif terhadap makanan biasanya lebih lambat memulai MPASI. Ini bisa jadi cara perlindungan tubuh mereka hingga sistem pencernaan lebih siap menerima makanan baru.

Tapi tenang Bunda, selama berat badan bayi terus bertambah dan ia tumbuh seperti yang seharusnya, berarti ASI Anda memenuhi kebutuhannya. MPASI di tahun pertama hanya pelengkap ASI. ASI Anda tetap sumber nutrisi utama di tahun pertamanya.

Yang perlu Anda lakukan adalah terus menawarkan MPASI. Jangan khawatir bila ia tidak tertarik atau makan sangat sedikit. Memaksa bayi makan sangat tidak dianjurkan.

Beberapa bayi lebih suka makan makanan yang bisa mereka ambil sendiri, daripada makanan yang disuapi. Ada juga sebagian bayi yang suka makanan dengan tekstur yang sama seperti makanan yang dimakan anggota keluarga lain, dibanding makanan bayi yang teksturnya lebih lunak. Coba tawarkan variasi finger food saat makan bersama keluarga.

Ada baiknya Anda menyiapkan finger food sepanjang hari, agar bayi bisa sering ngemil. Anda bisa juga menyimpan MPASI di kotak es batu atau cetakan kue. Anak kecil perlu makan cemilan beberapa kali dalam sehari daripada hanya 3 kali makan besar.

 

Source : ibupedia.com / Google
GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: