Home > Bayi > Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi

Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi

Bu, jangan kaget ya perubahan poop si kecil saat awal MPASI. Yang biasanya lancar poop sebelum MPASI, setelah MPASI jadi jarang poop. Dan tentunya kita sebagai orang tua khususnya orang tua baru pasti binggung bagaimana cara mengatasi si kecil yang sembelit.

 

Ciri – ciri bayi sembelit

– Tidak buang air besar setidaknya tiga kali seminggu

– Feses yang keras dan sulit keluar

– Feses seperti bongkahan bongkahan kecil dan keras

– Si kecil kesakitan saat ingin buang air besar

– Menangis tiap kali diajak ke toilet untuk buang air besar

 

Penyebab bayi sembelit

– Bayi baru mulai makan makanan padat

Sembelit umum terjadi pada bayi yang mengalami transisi dari konsumsi cairan atau ASI ke makanan padat. Sistem pencernaan yang belum terbiasa ini akhirnya menyebabkan terjadi sembelit.

– Bayi mengalami kekurangan cairan

Ketidakcukupan asupan cairan menyebabkan kotoran kering dan keras sehingga susah untuk dikeluarkan. Terlebih jika si kecil sedang sakit pilek, infeksi telingga, atau infeksi tenggoran yang membuat si kecil malas minum

–  Susah buang air besar karena susu formula

Perlu diketahui susu formula berbeda dengan ASI. Nutrisi susu formula dan ASI yang menyebabkan susu formula lebih susah di cerna dari pada ASI.

– Ada kondisi medis tertentu

Beberapa kondisi medis tertentu bisa menyebabkan si kecil sembelit. Biasanya beberapa penyebabnya adalah kelainan organ saluran cerna sejak lahir, alergi susu sapi, penyakit seliak, kadar kalsium terlalu tinggi dalam darah (hiperkalsemia), hipotiroid, penyakit hirschprung, dan kelainan sumsum tulang belakang.

 

Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi

Ganti susu formula

Jika bayi anda mengkonsumsi susu formula cobaah untuk konsultasi dahulu dengan dokter untuk mengubah komposisi susu formula atau mempertimbangkan penggantian susu formula. Bayi mengonsumsi susu formula, risiko sembelit memang lebih tinggi. Susu formula memang lebih sulit dicerna oleh usus bayi dibandingkan ASI.

Berikan makanan pendamping yang benar

Ada beberapa makanan pendamping ASI yang bisa menyebabkan sembelit, namun ada beberapa justru bisa memerlancar pencernaan. Cobalah berikan makanan kaya serat seperti di bawah ini :

– Buah-buahan : apel, anggur, pir, melon, semangka, mangga, dan buah berry ( blueberry, strawberry, raspberry, blackberry )

– Sayuran :  bayam yang bertekstur lembut, brokoli, dan lobak hijau

– Tepung gandum : bisa dijadikan bahan pokok pembuatan biskuit atau pancake

– Karbohidrat : Beras merah, beras hitam, oatmeal, roti gandum dan quinoa

Berikan air putih yang cukup

Usahakan si kecil mendapat kecukupan air putih setiap harinya. Asupan cairan dalan tubuh si kecil sangat penting untuk pencernaan. Ibu bisa mengombinasikan air, sumber serat, dan juga ikan menjadi bubur bergizi sebagai alternatif jika Si Kecil bosan mengonsumsi bubur sayur yang cenderung asin.

Mandikan dengan air hangat

Mandi dengan air hangat bisa jadi salah satu cara alami untuk sembelit pada bayi. Mandi dengan hangat bisa membuat perut bayi lebih sehat karena tidak memiliki tumpukan gas dalam perut.

Makanan yang dihaluskan atau pure

Bisa jadi sembelit pada bayi di alami karena bayi belum siap menerima makanan yang terlalu padat. Untuk itu, ibu bisa berikan makanan padat yang di haluskan atau di buat pure. Karena bayi membutuhkan proses untuk menerima hal baru

Berikan pijatan

Pijatan lembut bisa juga menjadi cara mengatasi sembelit pada bayi. Ibu bisa melakukan pijatan pada si kecil dirumah. Pijatan lembut pada perut bawah akan merangsang kotoran untuk bergerak ke bawah.

 

Semoga bermanfaat 

 

 (GAB / Dok. Google)

 

 

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: