Home > Kesehatan > Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi dengan Cara Alami

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi dengan Cara Alami

Ibu mana yang tidak sedih jika anak terserang batuk terlebih jika terdapat dahak yang ia sendiri tidak bisa mengeluarkanya.

Bayi hanya bisa bernafas dengan hidung, jadi ketika hidungnya mampet sikecil akan kesulitan untuk menghirup udara. Oleh karena itu bayi suka rewel jika terserang batuk.

Pemberian obat bisa jadi salah satu cara mengeluarkan dahak pada bayi, namun kita perlu ke dokter anak dahulu untuk mendapatkan dosis yang pas. Selain itu terkadang obatnya tidak efektif.

Nah berikut terdapat salah satu cara agar bayi bisa melegakan saluran nafasnya dengan bantuan ibu dirumah. Karena pengobatan di rumah bisa menjadi pertolongan pertama untuk mengeluarkan dahaknya.

 

Cara mengeluarkan dahak dengan cara rumahan

Langkah 1

Taruh air panas di kamar mandi sampai kamar mandi mengeluarkan uap panas, jika ada shower bisa dijalankan hingga mengekuarkan uap. Tinggalah disana hingga 10-15 menit. Awasi terus bayi anda selama dikamar mandi. Tujuan uap ini adalah untuk membatu membersihkan saluran pernapasan yang tersumbat dahak sehingga bayi mudah meludahkan dahaknya.

 

Langkah 2

Mandikan bayi dnegan air hangat. Pastikan suhu air tidak terlalu panas. Tujuannya adalah air hangat bisa melonggarkan dahak, sehingga memudahkan bayi untuk meludahkannya.

 

Langkah 3

Nyalakan alat pelembab udara untuk membuat uap. Awasi bayi saat alat penguap sedang berjalan, pastikan tidak ada anggota badan bayi terkena uap. Uap akan melonggarkan lendir bayi, sehingga membuatnya bisa meludahkannya dengan lebih mudah.

 

Langkah 4

Gosok dada bayi secara perlahan dengan balsem gosok khusus bayi atau bisa juga dengan minyak telon. Caranya, pijatkan balsam ke dada dan juga aromaterapi, kombinasikan dengan pijatan lembut. Cara mengeluarkan dahak bayi yang satu ini sangat efektif untuk melonggarkan dahak bayi.

 

Langkah 5

Berikan air hanggat untuk melegakan tengorokan dan hidungnya.  Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa hangat dan mengeluarkan dahak bayi.

 

Jika salah satu cara mengeluarkan dahak pada bayi di atas tidak berhasil, Ibu bisa mengkombinasikannya di setiap langkahnya. Namun sekali lagi, cara tersebut merupakan pengobatan rumahan yang aman.

Tetap pantau kondisi bayi yang sedang sakit ya bu. Ingat jika bayi  mengalami demam, muntah berkembang menjadi diare atau jika dia mengalami kesulitan bernafas, hubungi dokter

 

 

Semoga bermanfaat ya

(GAB/Dok.Google)

 

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: