Home > Bayi > Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk di Bayi

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk di Bayi

Kulit bayi sangat sensitif ya moms. Ketika nyamuk terbang berkeliaran, si kecil Anda bisa jadi target gigitan nyamuk. Nah tentunya sebel ya moms, kalau si kecil terkena gigitan nyamuk, belum lagi bekasnya yang kadang sulit hilang.

Obat alami untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk pada bayi
Bila Anda ingin apapun yang kontak dengan bayi sealami mungkin, Anda perlu cari obat alami untuk meredakan gejala gigitan nyamuk. Beberapa obat rumahan bisa ditemukan di dapur Anda dan terbukti bisa meredakan gejala bekas gigitan nyamuk.

Gunakan obat alami berikut untuk mengatasi gigitan nyamuk:

Lidah buaya
Kebanyakan krim dan lotion yang Anda beli untuk mengatasi gigitan nyamuk mengandung lidah buaya. Lidah buaya bisa mengurangi rasa gatal dan bengkak. Lidah buaya juga membuat kulit lembut dan halus. Ini jadi pilihan tepat untuk kulit bayi yang sensitif.

Baking soda
Baking soda dan sedikit air akan membantu meredakan gejala gigitan nyamuk. Anda bisa tuang baking soda ke mangkok dan perlahan mencampurnya dengan air. Setelah terbentuk pasta, gunakan pada area gigitan. Pasta akan membantu mengurangi bengkak dan juga meredakan rasa gatal.

Cuka
Cuka apel organik jadi pilihan tepat untuk mengatasi gigitan nyamuk dan bisa digunakan langsung pada bekas gigitan nyamuk.  Pastikan jauhkan cuka dari mata bayi untuk mencegah rasa terbakar.

Madu
Madu jadi obat alami yang sangat baik. Anda bisa  gunakan madu pada bekas gigitan nyamuk untuk mencegah infeksi.

Pasta gigi
Satu trik untuk mengatasi gigitan nyamuk adalah menggunakan sedikit pasta gigi pada kulit bayi Anda. Hanya ikuti saran ini bila Anda menggunakan pasta gigi yang alami untuk menghindari reaksi pada bahan pembentuk pasta gigi yang keras.

Perasan jeruk
Bila ada jeruk lemon, Anda bisa potong lemon menjadi dua dan peraskan beberapa tetes pada bekas gigitan nyamuk. Anda bisa juga menggosokkan kulit lemon pada area gigitan. Perasan lemon akan berfungsi sebagai disinfektan.

Bawang putih
Bawang putih bisa jadi obat mujarab, tapi anak biasanya tidak suka karena terasa sensasi terbakar. Tapi bau bawang putih membuat nyamuk menjauh dan mencegahnya datang kembali.

Sabun batangan kering
Sabun batangan kering bisa digosokkan ke area yang terkena gigitan nyamuk untuk mengurangi rasa gatal. Sabun harus dibersihkan setelah beberapa lama.

Garam
Pasta garam juga bisa digunakan untuk mengatasi gigitan nyamuk. Campuran garam dan air bisa dengan cepat dibuat dan digunakan untuk tujuan antiseptik.

Es batu
Suhu dingin dan es menurunkan peradangan. Dingin juga bisa membuat kulit kebas yang bisa jadi pereda sakit sementara. Gunakan kompres dingin atau kantung berisi es batu untuk meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Jangan biarkan es langsung pada gigitan lebih dari 5 menit karena bisa merusak kulit. Anda bisa juga gunakan penghalang, seperti lap, di antara kulit dan es agar es bisa digunakan lebih lama.

Obat alami membuat Anda meringankan rasa tidak nyaman bayi dan mengatasi gejala yang bisa menyebabkan bayi merasa gatal dan membuatnya menangis. Tapi mencegah gigitan nyamuk menjadi hal yang lebih penting.

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: