Home > Bayi > Cara Mudah Agar Bayi Tidur Sendiri

Cara Mudah Agar Bayi Tidur Sendiri

Orang tua mana yang tidak senang ketika sikecil bisa mudah tidur tanpa harus digendong berjam-jam atau tanpa drama tangisan. Lalu hal ini akan membuat sikecil akan bergantung dengan ibu dalam waktu yang cukup lama.

Melatih sikecil untuk tidur sendiri sebenarnya tidak sulit ya bu. Namun yang dibutuhkan adalah etekunan dan kesabaran dari Anda serta metode yang tepat. Ada beberapa cara yang bisa dicoba, simak yuk bu.

 

1. Mengontrol tangisan dan menunggu lebih lama

Metode yang diperkenalkan oleh dr. Richard Ferber ini bisa dilakukan dengan cara membiarkan anak tertidur sendiri di kamarnya meski anak masih terbangun. Cukup ucapkan selamat malam, beri ciuman, dan tinggalkan anak.

Bila anak menangis, tunggu sampai 5 menit dan datangi untuk memastikan keadaannya baik-baik saja. Tenangkan anak dan tinggalkan kembali. Usahakan untuk melakukan kontak seminimal mungkin dan jangan pernah menggendongnya.

 

2. Menarik diri secara perlahan

Setelah membaringkan anak ke tempat tidur, Anda bisa tetap berada di dalam kamarnya. Lakukan kegiatan apa pun tanpa melakukan kontak mata. Anda harus mengulangi rutinitas ini secara bertahap, dengan semakin menjauhkan posisi Anda dari Si Kecil.

Agar anak mudah tertidur, berikan suasana kamar yang nyaman. Misalnya dengan memberikan ‘teman tidur’ berupa boneka, atau hiasan kamar dari karakter kesukaannya. Warna dinding dan sprei tidur juga perlu diperhatikan agar Si Kecil mudah tidur.

 

Sumber : motherandbaby.co.id

Pic. Google

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: