Home > Bayi > ASI / MPASI > Cara Mudah Agar Produksi ASI Lancar

Cara Mudah Agar Produksi ASI Lancar

Sejak memutuskan untuk hamil, sang calon ibu harus mempersiapkan banyak hal, termasuk untuk ASI. Jika persiapan yang dilakukan sedini mungkin, maka ASI yang terproduksi akan lancar. Hal ini tentu akan mempengaruhi fase menyusui dan pemberian nutrisi Si Kecil menjadi lebih optimal.

Penting untuk sang calon ibu merencanakan segala hal sejak trimester pertama. Selain memerhatikan asupan makanan, sang calon ibu juga perlu memperhatikan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperlancar produksi ASI.

 

  • Merawat Payudara

Perawatan di area payudara penting dilakukan dengan cara memberikan pijatan secara teratur. Pemijatan bisa mulai dilakukan pada usia kandungan 3 bulan untuk menonjolkan putting. Di usia kehamilan 4 hingga 9 bulan, pemijatan menggunakan minyak kelapa dan dilakukan 10 menit per hari.

Perawatan dengan memijat ini berfungsi untuk merangsang kelenjar susu agar berproduksi dengan baik dan susu yang dihasilkan bisa lancar.  Selain itu, penggunaan minyak kelapa juga untuk membersihkan kotoran yang ada di payudara dan puting susu ibu.

 

  • Perhatikan Asuan Gizi

Untuk memperlancar produksi ASI, Anda tentu perlu memperhatikan asupan makanan yang bergizi. Menurut Dr. I Gusti Ayu Pratiwi, SpA dari Satgas ASI IDAI, ibu menyusui perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah-buahan dengan porsi seimbang.

Beberapa makanan yang direkomendasikan dapar memperlancar ASI antara lain daun katuk, daun bayam, kacang-kacangan, labu siam, ikan salmon, dan buah-buahan seperti pepaya, jeruk da semangka.

 

  • Pelancar ASI

Setelah masuk proses menyusui, Anda bisa mengonsumsi suplemen untuk memperlancar produksi ASI. Konsultasikan dengan dokter kandungan agar dapat memilih suplemen yang bisa Anda konsumsi.

Namun, sebagai cara sederhana yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan mengompres payudara. Pengompresan yang dilakukan menggunakan air hangat juga dapat membantu memperlancar produksi ASI.

 

  • Tetap Bahagia

Suasana hati seorang ibu dapat memengaruhi jumlah ASI yang ia produksi. Untuk itu, hindari stres dan berusahalah untuk selalu happy selama menjalaninya. Hal ini tentu membantu kelancaran ASI yang ditujukan untuk Si Kecil.

Jangan lupa agar Anda cukup tidur, agar tubuh dapat memproduksi ASI dengan baik setiap hari. Penting juga untuk meminum air putih, karena selain melancarkan ASI, juga dapat menyehatkan tubuh dan menjaga kesegaran kulit Anda.

 

Source : Motherandbaby.co.id / Google

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: