Home > Bayi > Inilah 5 Tanda Bayi Tumbuh Normal dan Sehat

Inilah 5 Tanda Bayi Tumbuh Normal dan Sehat

Pasti ibu sebagai orang tua baru khususnya banyak hal yang perlu dipelajari dan dipahami mengenai tumbuh kembang si kecil ya. Dan salah satunya adalah mengetahui tanda Si Kecil bertumbuh dengan sehat dan normal. Mungkin Anda pernah mendapatkan informasi bahwa bayi sehat dan normal terlihat dari perilaku, penampilan dan emosinya.

 

Tanda – tanda bayi tumbuh normal

1. Menganti popok 8-10 popol setiap hari dan berat badan bertambah

Salah stau indikator si kecil mengkonsumsi ASI dengan baik adalah dengan menghitung jumlah popok basah dan bertambahnya berat badan bayi.

2. Merasa tenang dengan sentuhan dan suara ibu

Indikator lainnya adalah ketika merasa tidak nyaman, bayi akan menangis. Ketika ia merasakan sentuhan dan suara ibunya, tangisan Si Kecil akan reda.

3. Memperhatikan warna, gerakan, dan pola

Bertambahnya usia bayi, bertambah pula kemampuan yang dimilikinya. Di usia 2 bulan, umumnya bayi akan melihat pola, warna cerah seperti lampu yang menyala dan benda berputar seperti kipas angin. Apabila Si Kecil memerhatikan benda-benda berpola, berwarna dan bergerak maka berarti matanya dalam kondisi baik

4. Bayi tersenyum dan tertawa

Perhatikan perkembangan bayi dari bulan ke bulan. Di usia 1 bulan bayi sudah mampu melakukan kontak mata dengan orang disekitarnya dan di usia 2 atau 3 bulan sudah bisa tersenyum dan usia 4 bulan tertawa, berarti perkembangannya sudah dalam jalur yang benar.

5. Bereaksi jika ada suara dan berusaha mencari sumbernya

Telinga bayi baru benar-benar bereaksi terhadap suara di sekitarnya setelah beberapa minggu. Coba perhatikan apabila ada suara musik yang berasal dari mainan akan menarik perhatian bayi. Apabila ia merasa penasaran dan mencari sumber suara tersebut, ini berarti telinganya dalam keadaan normal.

Semoga bermanfaat

(GAB/Pic.Google)
GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: