Home > Kehamilan > Jangan Khawatir, Luka Pasca Melahirkan Caesar dapat Dipulihkan

Jangan Khawatir, Luka Pasca Melahirkan Caesar dapat Dipulihkan

Kalau Moms sedang memasuki trimester ketiga dan sedang memikirkan opsi-opsi melahirkan, mungkin pilihan untuk melahirkan secara caesar juga masuk ke dalam konsiderasi kamu. Tapi mungkin kamu berpikir lagi disaat operasi caesar sudah selesai, apa yang harus kamu lakukan dengan luka caesar-mu. Jangan khawatir, Moms. Berikut adalah informasi yang perlu ketahui mengenai cara penanganan luka caesar.

Pemulihan luka bekas caesar itu berbeda-beda, tergantung dengan rumah sakit atau tempat bersalinnya. Nah, pada umumnya luka setelah operasi akan terasa sangat perih sehari atau dua hari setelah operasi karena penyusutan rahim. 2 minggu setelah melahirkan, pada umumnya rasa nyeri akan mulai menghilang. Setelah itu, luka akan terkadang terasa gatal. Kalau kamu mengalami luka yang cukup berat, ada baiknya diresepkan obat penawar rasa sakit oleh rumah sakit atau klinik.

Bekas luka pun akan tampak berbeda, tergantung dengan cara menyayat perut. Sayatan secara vertikal memang lebih aman dan umum dilakukan, namun bekas luka akan lebih nampak dibanding sayatan horizontal. Bekas luka yang menonjol (keloid) pun tidak jarang nampak. Atasi luka tersebut dengan krim atau plester luka.

Masa-masa awal setelah melahirkan, selalu berhati-hati dengan cara mengangkat barang berat dan selalu support perut kamu dengan bantuan korset khusus. Jaga terus juga kesehatan dengan minum air putih yang banyak dan minum obat-obatan sesuai saran dokter. Kalau luka terlihat mengkhawatirkan, konsultasikan ke dokter ya, Moms.

Source : fimela.com / Google
GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: