Saturday, May 19, 2018
Home > Bayi > ASI / MPASI > Jenis Makanan Bayi 7 Bulan Agar Cepat Gemuk

Jenis Makanan Bayi 7 Bulan Agar Cepat Gemuk

Soal berat badan anak tidak ada ibu yang tidak khawatir ya, terutama berat badan anak yang tidak kunjung bertambah. Terutama ibu baru yang mengkhawatirkan hal ini, berbagai cara dilakukan termasuk mencari tahu makanan penambah berat badan bayi secara alami dan tentunya sehat. Namun perlu di ingat ya bu, janga terlalu mengkhawatirkan soal berat badan saja, yang perlu di fokuskan adalah perkembangan anak secara menyeluruh.

Berikut ada beberapa pedoman dari buku KMS posyandu mengenai kisaran berat badan anak untuk masing – masing usia.

  1. Hingga berusia 3 bulan,  bayi akan mengalami peningkatan berat badan sekitar 175 hingga 210 g per minggu.
  2. Berat badannya akan naik dua kali lipat di usia 5 bulan.
  3. Setelahnya berat bada bayi akan mengalami peningkatan 400 g tiap hingga bayi berusia 1 tahun.
  4. Di usia 1 tahun bayi akan memiliki berat hingga tiga kali lipat berat badan saat dilahirkan.
  5. 4 kali berat lahir diusia 2 tahun.
  6. 5 kali berat lahir diusia 3 tahun.
  7. 6 kali berat lahir diusia 5 tahun.
  8. 7 kali berat lahir diusia 7 tahun.
  9. 10 kali berat lahir diusia 10 tahun.

 

Makanan yang Baik untuk Menambah Berat Badan Bayi

1. Susu

Berikanlah ASI eksklusif selama 6 bulan pertama hingga satu tahun, dan baru kenalkanlah dengan susu formula. Manfaat ASI untuk bayi adalah sebagai makanan yang terbaik bagi bayi, semua nutrisi penting ada di dalam ASI

2. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah – buahan yanga kaya akan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6 dan sumber mineral lainnya yang sangat baik untuk menambah berat badan bayi usia 7 bulan. Cara mengolah pisang pun cukup sederhana, bisa dengan cara di haluskan atau di buat bubur yang dicampur susu.

3. Buah Peach

Buah peach sangat kaya kandungan serat, niacin, vitamin A dan terlebih lagi kandungan vitamin C yang banyak sangat baik untuk bayi. Buah ini dapat dibuat menjadi bubur buah dengan tambahan susu. 

4. Buah Pear

Kandungan didalamnya yang sangat kaya akan mineral zat besi dan juga merupakan sumber serat yang baik ditambah lagi juga diperkaya akan vitamin B6 dan vitamin C. Pear dapat dihaluskan terlebih dahulu agar bayi mudah mencernanya.

5. Ubi Jalar Manis

Kandungan yang tinggi serat, magnesium dan kalium, vitamin B6 dan juga kaya vitamin A dan C. Bisa di jadikan bubur atau pancake sesuai selera bayi.

6. Alpukat

Alpukat sangat baik untuk bayi terlebih jika ibu ingin berat badan bayi bertambah secara signifikan. Haluskan alpukat bersama dengan susu untuk menambahkan rasa. 

8. Kentang

Kentang juga terkenal karena kandungan karbohidratnya yang baik dan juga banyak, sehingga akan membuat bayi kenyang lebih lama. Kentang dapat diberikan sebagai makanan bayi dengan dihaluskan terlebih dahulu atau dimasak bersama sup.

9. Gandum

Gandum sangat disarankan untuk  untuk bayi, karena kandungan didalamnya mampu menjaga serta menstabilkan kadar gula dalam darah selain itu juga memberikan energi yang cukup yang dibutuhkan bayi dalam  jangka waktu lama. Serat dari gandum yang larut dalam air, juga baik guna melindungi sistem pencernaan bayi yang masih sensitif.

10. Daging ayam

Daging ayam sangat cocok untuk membantu meningkatkan berat badan bayi 7 juga pertumbuhan bayi secara menyeluruh. Perhatikan saat bayi makan, apakah ia suka atau tidak. Dan jangan terlalu memaksakan bila bayi tidak menyukainya.

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: