Home > Bayi > ASI / MPASI > “Kenalan” dengan Kale “Bintangnya” Sayur

“Kenalan” dengan Kale “Bintangnya” Sayur

Jika ibu belum kenal dengan sayuran berdaun hijau ini, jangan sampai terlewatkan ulasan berikut ini ya.
Kale sudah terkenal khasiatnya bagi kesehatan, salah satunya adalah penangkal kanker. Kale adalah bintangnya di dunia sayur mayur. Karena selain lezat, kale juga kaya akan nutrisi. Maka tidak heran ya bu, kalau kale di sebut sebagai bintangnya sayur.
Apa sih sayur kale itu ?
Kale, disebut juga borecole, merupakan sayuran dari keluarga Brassica seperti halnya kubis, kailan dan brokoli. Bila dikonsumsi secara rutin, sayuran berwarna hijau tua ini disebut-sebut mampu membentengi tubuh dari kanker dan menurunkan kolesterol.
Vitamin dalam kale
Daun kale memiliki hampir semua jenis vitamin, seperti vitamin A, Thiamin, vitamin D, riboflavin, vitamin E, niasin, Vitamin B6, asam folat, vitamin C, kolin, dan vitamin K.
Selain kaya akan mineral, kale juga sarat antioksidan vitamin A, C dan K. Karotenoid dan flavonoid merupakan jenis antioksidan yang sudah terbukti efektif dalam menangkal kanker. Makanya sebagian orang menyebut kale sebagai sayur paling sehat di muka bumi
Kandungan kale lainnya adalah lutein dan zeaxanthin yang sangat baik agar kesehatan mata terjaga. Bersama dengan antioksidan, kandungan serta yang cukup banyak dalam kale bisa menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.
Cara penyajian sayur kale
Bubur wortel kale

Bahan:
1. Tepung beras merah kurang lebih 3/4 sendok makan

2. Dua lembar Kale cuci dengan air matang potong 3-4 bagian

3. Tiga wortel baby cuci dengan air matang, kuliti & potong kecil-kecil

Cara masak:
1. Larutkan tepung beras merah dengan 30 ml air & kemudian masukan ke dalam panci yang airnya mendidih 50 ml. Masak dengan api yang kecil sambil diaduk sampai jadi bubur kemudian angkat.

2. Kale & wortel dikukus selama 5-10 menit. Masukan ke blender ditambah sedikit air & blender sampai halus. (Bisa untuk 2 porsi, jadi 1 porsi lainnya bisa dibekukan di freezer)
3. Campur semua bahan yang sudah jadi & tunggu sampai suam-suam kuku kemudian sajikan ke baby.

 

Semoga bermanfaat ya.

 

(GAB/Pic.Google)

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: