Saturday, May 19, 2018
Home > Bayi > ASI / MPASI > Manfaat Oatmeal untuk Bayi

Manfaat Oatmeal untuk Bayi

Pasti ibu sudah tidak asing jika mendengar oatmeal. Karena makanan ini kaya akan serat, terbuat dari gandum. Oatmeal tidak hanya di konsumsi orang dewasa ya bu, oatmeal bisa juga menjadi pilihan tepat untuk bahan MPASI

Oatmeal merupakan salah satu makanan terbaik untuk MPASI. Oatmeal sangat ringan jika dibandingkan dnegan nasi, sehingga bisa di cerna dengan mudah. Tidak hanya itu oatmeal memberi banyak energi.

 

Kandungan Oatmeal

VITAMIN 

Vitamin A – 0 IU
Vitamin C – 0 mg
Vitamin B1 (tiamin) – .17 mg
Vitamin B2 (riboflavin) – .04 mg
Niacin – .53 mg
Folat – 14 mcg
Berisi beberapa vitamin lain dalam jumlah kecil.
MINERAL 
Kalium – 164 mg
Fosfor – 162 mg
Magnesium – 84 mg
Kalsium – 21 mg
Sodium – 9 mg
Besi – 2,11 mg
Selenium – 12 mg
Juga mengandung sejumlah kecil seng, mangan dan tembaga.

 

Manfaat oatmeal untuk bayi

1. Meningkatkan fungsi otak

Menjadikan oatmeal sebagai bahan MPASI secara rutin ternyata mampu meingkatkan fungsi otak pada si kecil. Oatmeal merupakan salah satu nutrisi yang baik untuk perkembangan otak si kecil, yang di harapkan menjadi anak yang cerdas dan kritis dalam berpikir.

 

2. Meningkatkan sistem imun 

Selain untuk kecerdasan otak, oatmeal mampu menjaga dan meningkatkan sistem imun pada bayi. Dengan menjaga daya tahan tubuh bayi, maka bayi dapat terhindar dari berbagai infeksi penyebab penyakit. Mikroorganisme penyebab infeksi sendiri dapat berupa virus, bakteri, jamur dan parasit.

Tidak perlu lagi kan bu, untuk memberikan oat kepada si kecil secara rutin, agar si kecil tidak mudag terserang penyakit.

 

3. Pertumbuhan tulang

Kandungan oatmeal salah satunya adalah tingginya mineral. Didalam kandungan mineral terdapat kalsium. Kalsium sendiri sangat penting untuk pertumbuhan tulang pada bayi.

Oleh karena itu, ini saat yang tepat untuk memberikan oatmeal pada bayi, karena pada saat inilah masa pertumbuhan tulang yang paling cepat dan paling baik.

 

4. Membantu pertumbuhan gigi

Kalsium dari kandungan oat juga sangat baik untuk pertumbuhan gigi bayi. Hampir sama dengan tulang, manfaat mineral ini juga berlaku untuk gigi.

5. Sumber anti oksidan
Oat  memilki kandungan anti oksidan. Anti oksidannya sendiri sangat bermanfaat dalam menangkal berbagai sumber radikal bebas yang dapat menyerang.
Dengan memberikan oat secara rutin maka tubuh akan cenderung lebih tahan terhadap kejadian penyakit yang umumnya sering didapatkan secara degeneratif.
6. Melancarkan pencernaan
Oatmeal memilki kandungan serat yang baik bagi tubuh bayi. Dan serat sendiri sangat bauk untuk menjaga kesehatan salurancerna bayi.
Dengan memberikan oatmeal secara teratur pada bayi, bayi bisa terhindar dari smebelit atau konstipasi.
Cara membuat bubur oatmeal

Cara membuat bubur oatmeal untuk bayi, sama seperti beras perbedaannya hanya tekstur yang di hasilkan.

Saat memasak bubur oatmeal ini, gunakan ¼ hingga 1/3 cangkir oatmeal bersama 1-2 cangkir air. Aduk terus bubur agar tidak mengental. Tunggu hingga dingin, baru cairkan lagi dengan ASI atau susu formula. Penggunaan susu sangat baik, terutama bagi bayi yang baru Mpasi karena rasanya yang akrab di lidah bayi.

Selain mengunakan ASI / susu formula, Ibu juga bisa memasak oatmeal dengan menggunakan kaldu.

Untuk pemberian awal, sebaiknya ibu melakukan tes alergi dahulu yaitu dengan cara memberikan oatmeal tunggal, jangan dicampur dengan bahan lain. Setelah bayi lulus tes alergi oatmeal dan bahan lain, baru berikan bubur plus puree bahan lainnya.

Untuk kombinasi rasa, oatmeal bisa dikombinasikan dengan jenis makanan, baik buah sayur, daging, telur, ataupun produk olahan susu lainnya seperti keju. Tapi jangan lupa pastikan bahan itu juga sudah lulus uji alergi.

Tambah EVOO dan alpukat juga bagus untuk meningkatkan asupan lemak untuk bayi.

 

Semoga bermanfat ya bu

(GAB/Dok.Google)

 

 

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: