Home > Bayi > ASI / MPASI > Mengatasi Bayi yang Gerakan Tutup Mulut Awal MPASI

Mengatasi Bayi yang Gerakan Tutup Mulut Awal MPASI

Banyak sekali pertanyaan, keluhan tentang sikecil yang diawal MPASI tidak mau makan, bahkan sama sekali tidak tertarik dengan makanannya. Tenang bu, ibu tidak sendiri kog, banyak anak ibu lainnya yang senasib dengan ibu. Tapi ingat ya bu, setiap anak berbeda-beda, jadi jangan sekali-kali untuk membandingkan anak ibu dengan anak lainnya.

Yang ibu perlu tahu adalah peralihan sikecil yang hanya mengkonsumsi ASI/Sufor selama 6 bulan menjadi makanan padat, tentunya membuat sikecil perlu beradaptasi. Oleh karena itu ibu perlu sabar dan tetap memberikan MPASI yang sesuai untuk sikecil.

Ada beberapa tips untuk menangani anak susah makan di saat memasuki masa MPASI.

  • Sharing

Sharing dengan ibu lainnya yang berpengalaman. Ibu jaman now dimudahkan dengan komunikasi yang cangih dan mudah untuk melakukan komunikasi melalui dunia maya atau sosial media.

Ambil manfaat positif dari sosial media untuk berbagi tips tentang MPASI, soal menu, takaran, hingga penyajian.

  • Orang tua

Ibu bisa bertanya juga kepada orangtua yang lebih berpengalaman tentunya. Nah salah satu keuntungan kita bertanya kepada orang tua adalah kita juga bisa mengetahui tentang riwayat alergi jika ada dalam diri kita. Karena kebanyakan alergi muncul karena ada keluarga yang mempunyai riwayat alergi.

  • Variasi menu

Kita sebagai ibu tentu tau dong, apa yang menjadi favorit makanan sikecil. Contoh apabila sikecil menyukai buah pisang, tidak melulu diberikan buah pisang. Karena perlu variasi untuk mencukupi nutrisinya.

Dengan memadupadankan menu bertujuan agar sikecil tidak bosan. Tapi jangan lupa untuk test alergi dengan menu yang sama selama 3 hari ntuk mengetahui indikasi alergi.

  • Cara makan

Nah setiap anak berbeda-beda ya bu, ada yang suka makan sambil bermain, memainkan sesuatu, ada yang membaca buku, atau makan sendiri. Memang ya posisi makan yang baik adalah dengan duduk manis dan fokus terhadap makannya. Selama anak masih mau makan dengan caranya jangan paksakan anak untuk duduk manis. Namun seiring dengan berjalannya waktu ibu bisa mengajarkan sikecil untuk makan dengan duduk manis.

  • Pola makan

Atur pola makan sikecil dengan baik. Jangan sampai ibu memberikan makan sikecil namun sikecil masih kekeyangan dengan apa yang ia konsumsi sebelum makanan utama. Dan juga batasi juga cemilan agar sikecil tidak kekenyangan sebelum makanan utama. Jangan lupa atur asupan cairan ASI/sufor agar bayi tidak kekenyangan juga ya bu.

  • Sabar

Point paling penting adalah sabar. Ya, sebagai ibu kita memang harus banyak belajar untuk berrsabar. Setiap anak butuh proses untuk menerima hal yang baru dihidupnya.

Menjadi ibu harus peka tentang apa yang dibutuhkan anaknya. Jangan putus asa jika diawal sikecil tidak mau makan. Kuncinya harus sabar dan telaten. Walau repot , jangan sampai anak tidak diberi makan saat rewel, kasihan anaknya. Anda yang harus lebih banyak bersabar.

Semangat ya bu untuk memberikan gizi terbaik untuk anak kita, semoga tipsnya bermanfaat.

(GAB/Pic.Google)

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: