Home > Bayi > ASI / MPASI > Mengenal istilah Superfood dalam MPASI

Mengenal istilah Superfood dalam MPASI

Bu sudah tahu kah istilah super food dalam MPASI? Istilah superfood ini mungkin agak asing ya buat ibu ibu disini apalagi untuk Ibu baru, tapi mendengar namanya saja terlihat super banget ya untuk makanan si buah hati.

Apa sih superfood, ini istilah yg dibuat untuk bahan makanan yg mengandung nutrisi yg super duper tinggi, dibandingin makanan saingannya. Jadi bisa di bilang 1 sendok superfood, nutrisi nya berlipat lipat dibanding dengan 1 sendok yang bukan superfood.

Tujuan superfood ini agar anak kita dapat nutrisi yang maximal di setiap makanannya. Dibanding dengan makanan yang banyak macam tapi tidak ada gizinya, lenih baik diberikan superfood saja apalagi sikecil dalam masa pertumbuhan begini ya bu. Jadi kita sebagai ibu tentunya mengiginkan yang terbaik untuk anak kita ya.

Super Protein

  • Salmon
    Salmon dibandingkan ikan ikan lainnya, salmon punya kandungan protein dan omega yg paling tinggi. Asam lemak omega-3 pada salmon adalah salah satu nutrisi yang menunjang kesehatan fungsi otak. Penyakit Alzheimer pun bisa dicegah dengan makan ikan salmon. Selain itu ikan salmon sudah terkenal bagus sekali untuk bayi ya Bu, seperti :

    • Meningkatkan Kecerdasan Otak
    • Membantu Mengoptimalkan Penglihatan Pada Bayi
    • Mencegah Penyakit Jantung Pada Bayi
    • Mencegah Penyakit Kulit Pada Bayi
    • Menjaga Daya Tahan Tubuh
  • Beef
    Beef merupakan protein dan zat besinya paling tinggi dibandingkan, ayam, kambing, pork, duck, daging lainnya. Tanpa protein yang cukup anak akan susah untuk memiliki badan yang padat.
    Tip memberikan daging pada bayi berusia 7-10 bulan.

    • Jika bayi belum mempunyai gigi sebaikya bayi diberikan daging cincang yang halus.
    • Jika bayi telah memiliki gigi dan dapat memakan buah-buahan, ibu dapat memotong  daging dengan kecil-kecil.
    • Seimbangkan daging merah dengan zat gizi lainnya.

 

Super Fruit

  • Pisang
    Buah ini pasti ibu disini sudah paham betul soal kandungan yang ada didalamnya dan bagus untuk ibu hami, ibu menyusui dan anak bayi.
    Kandungan folic acidnya tinggi banget buat perkembangan otak anak. Dan juga potasiumnya juga tinggi itu utk menjaga tekanan darah biar oke terus.
  • Alpukat
    Buah ini juga mirip sama pisang, folic acidnya tinggi banget jadi buat perkembangan otak bagus, plus kaya akan lemak baik yah Bu dibanding buah apapun. Vitamin E, B,K. Ini buah bagus dan cocok buat firstfood jika mau mulai dengan buah.
  • Aneka Berries
    Trio berries yaitu blueberry, raspberry, blackberry adalah buah yang memiliki antioxidant yang tinggi banget. Dan buah ini adalah buah anti radang, mencegah agar si kecil tidak gampang infeksi atau luka. Trio berries di percaya bias membuat anak tidak gampang sakit.
  • Apel
    Manfaat apel bagi bayi 6 bulan juga tidak terlepas dari banyaknya vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dalam buah apel. Selain vitamin dalam apel juga mengandung mineral seperti mangan, tembaga, kalsium, kalium, fosfor, selenium dll.  Ga heran ya Bu, buah apel menjadi buah favorit para Ibu untuk vitamin alami buat si kecil.
  • Golden Kiwi
    Buah ini tentunya sangat cocok bagi bayi dalam mencukupi kebutuhan vitamin C harian dalam setiap tahap tumbuh kembangnya. Dan juga Kandungan magnesium pada kiwi berguna untuk membantu proses pembentukan energi. Hal ini tentunya berguna untuk menunjang tumbuh kembang si kecil ya Bu.

 

Super Food Lainnya

  • Oats
    Oatmeal bukan hanya baik sebagai makanan untuk orang dewasa, namun juga baik dikonsumsi anak-anak, bahkan bayi. Pada bayi usia dibawah sampai 6 bulan, orang tua hanya perlu memberikan ASI eksklusif. Bayi belum membutuhkan makanan tambahan, dikarenakan sistem pencernaannya belum optimal, sehingga dapat terinfeksi akibat makanan yang belum mampu ia cerna dengan baik. Selain itu reflek mengunyah makanan juga belum dimiliki bayi secara sempurna, karena reflek akan berfungsi dengan baik saat usia bayi memasuki 6 bulan ke atas.
  • Flaxseed
    Flaxseed, sesuai namanya ini adalah biji bijian. Yang berarti asalnya itu dari tumbuhan yang berbunga yah Bu, diambil bijinya. Nah ada yg sedikit lebih super lagi yaitu Chiaseed, tapi sama2-sama superseeds kok. Untuk biji-bijian, keduanya paling super kandungan serat dan omega 3, omega 6, omega 9, vitamin B. Ada banyak kegunaan flaxseed, salah satunya ini ingredient utama selain oats yg dipake untuk bikin cookies asi dan kalo orang yg alergi telur bisa bikin “semacam pengganti telur” dengan flaxseed ini, seratnya tinggi banget jd bikin pencernaan.
  • Almond
    Almond ini jenis kacang kacangan ya Bu. Almond juga jadi jagoan di antara peanut, walnut cashew dll. Karena almond tinggi akan vitamin E, B, dan calcium. Nah almond bisa dicoba untuk umur 10 bulan ya. Jangan lupa test alergi dulu ya mom.
  • Telur ayam kampung
    Terlur ayam kampung dpaat diberikan kepada bayi setelah 6 bulan. Bagian telur yang dapat diberikan adalah kuning telur karena kuning telur mengandung protein yang tinggi. Namun frekuensi pemberiannya tak perlu setiap hari, lebih baik seminggu sekali. Pasalnya, kuning telur mengandung kolesterol yang tinggi.

 

Super Vegies

  • Brokoli
    Brokoli yang kaya akan nutrisi nabati dipercaya memiliki zat antikanker dan mencegah dari stroke. Brokoli memiliki kalori yang sangat rendah, namun sangat kaya mineral, vitamin, serat dan anti oksidan
  • Kale
    Sayuran berdaun hijau sudah terkenal khasiatnya bagi kesehatan, salah satunya penangkal kanker. Bila Anda termasuk pecinta sayur, perkenalkan bintang baru dalam dunia sayur mayur, yakni Kale. Selain lezat, kale juga kaya akan nutrisi. Tak heran jika ia disebut sebagai ratunya sayur.
  • Butternut Squash
    Butternut squash merupakan salah satu yang digolongkan sebagai superfood, terutama untuk dijadikan sebagai makanan pendamping asi atau MPASI. Bagaimana tidak, butternut squash mengandung banyak zat yang dibutuhkan oleh bayi seperti protein, fosfor, kalsium dan karbohidrat dan zat baik lainnya. Mama bisa melihat manfaat butternut squash untuk si kecil.
  • Ubi
    Ubi jalar memiliki kaya nutrisi. Nilai nutrisinya yang tinggi dan rasanya yang lezat membuat ubi jalar menjadi pilihan baik sebagai makanan pertama untuk MPASI bayi mulai usia 6 bulan.
GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: