Home > Bayi > Mitos Dan Fakta Seputar Ruam Kulit Pada Bayi

Mitos Dan Fakta Seputar Ruam Kulit Pada Bayi

Ruam kulit bisa muncul seperti bagian bersisik atau bintik merah yang terasa gatal dan bisa terjadi di area tertentu atau di seluruh tubuh. Meski membuat orang tua frustrasi, sering kali ruam kulit bisa dikontrol, tapi tidak bisa disembuhkan dan sering terjadi lagi.

Ruam kulit bisa disebabkan mulai dari kondisi kulit seperti eczema, jerawat, psoriasis, atau biang keringat. Ada gejala seperti kemerahan, rasa gatal, infeksi, atau keluar cairan. Berikut beberapa mitos umum yang terkait dengan ruam kulit:

  • Ruam kulit perlu segera diobati dari dokter

    Faktanya, kebanyakan ruam akan hilang hanya dalam waktu 2 hari, tapi bila ruam masih berlanjut selama lebih dari beberapa hari, direkomendasikan untuk mengunjungi dokter. Tanda dan gejala lain seperti bengkak, perubahan warna kulit menjadi ungu atau hitam, pendarahan atau pengelupasan kulit, semua ini membutuhkan pemeriksaan dokter. Kesulitan bernafas, mual, dan pusing membutuhkan perhatian segera dari dokter karena ini adalah tanda darurat medis.

  • Ruam akibat psoriasis tidak bisa disembuhkan

    Sisik berawarna putih yang muncul pada lapisan kulit yang merah akibat psoriasis bisa ditangani. Kulit harus tetap dalam kondisi lembab. Penanganannya bisa berupa obat yang dijual bebas atau lotion serta krim yang diserepkan dokter. Sesi phototherapy bisa jadi pilihan lain untuk menangani gejala psoriasis.

  • Swimmer’s itch (gatal perenang) membutuhkan perhatian medis

    Swimmer’s itch merupakan ruam kulit sementara yang disebabkan oleh parasit yang mirip cacing yang sering ditemukan pada sungai tertentu. Meski ruam ini menyebabkan rasa gatal, tapi tidak membutuhkan perhatian medis dan biasanya perlahan hilang dengan sendirinya.

  • Biang leringat terjadi hanya pada bayi

    Meski biang keringat (miliaria) lebih umum terjadi pada anak kecil, bisa juga terjadi pada usia berapapun. Ketika kelenjar keringat tersumbat, keringat berkumpul di bawah kulit yang memicu peradangan dan biang keringat. Kompres es serta bedak talc tanpa pewangi bisa digunakan untuk mengatasi ruam. Tapi orangtua harus hati-hati ketika menangani biang keringat dengan bedak talc untuk menghindari serpihan bedak yang masuk ke paru-paru bayi.

  • Ruam akan hilang ketika kadas kurap ditangani

    Ruam dan rasa gatal dari kadas kurap akan bertahan selama 1 bulan, meski telah ditangani dengan benar. Kadas kurap adalah tungau kecil yang ada di bawah kulit. Tungau  ini berukuran sangat kecil sehingga tidak bisa terlihat oleh mata telanjang. Obat steroid yang diresepkan dokter dan Benadryl bisa membantu meredakan rasa gatal akibat ruam kulit ini.

  • Penggunan popok bisa menyebabkan ruam

    Diyakini penggunaan popok selalu menyebabkan ruam popok pada bayi. Tapi ini tidak sepenuhnya benar. Popok kain atau popok sekali pakai merek apapun, tidak akan menyebabkan  ruam bila diganti dalam waktu 2 hingga 3 jam. Meski bayi tidak buang air besar di popok, penting untuk tetap menggantinya setelah 3 jam.

 

Source : ibupedia.com / Google
GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: