Home > Bayi > ASI / MPASI > MPASI Berbahan Superfood Lokal

MPASI Berbahan Superfood Lokal

Apa yang dipikiran ibu saat dengar kata SUPERFOOD? Pasti semua sama, MAHAL.. Dan tentunya selalu identik dengan bahan import yang harganya bikin Ayah Ibu menghela nafas panjang.

Nah kali ini kita kenalan yuk dengan superfood lokal, yang gampang di cari dan tentunya nyaman di kantong.

Superfood lokal ternyata di sekitar kita kog bu, tidak harus dari luar negeri. Dan tentunya bernutrisi tinggi untuk bahan MPASI si kecil. Kita juga perlu mengenalkan si kecil dengan makanan sehat yang ada di Indonesia.

 

Apa itu Superfood?

Kelompok makanan yang memiliki nutrsi terbaik dan menjadi pilihan asupan makan bayi dan anak.

 

Superfood lokal

Ikan teri

Ternyata tidak hanya ikan salmon saja lih yang memiliki nutrisi tinggi untuk si kecil. Dengan memberikan ikan teri dalam menu MPASI, ibu bisa memberikan nutrisi yang baik juga untuk si kecil. Ikan teri memilki sumber protein yang baik. Selain itu, teri juga kaya akan kalsium, fosfor, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6 yang bermanfaat buat tubuh dan perkembangan otak.

cara menyiapkannya : bisa dalam bentuk bubuk yang di campurkan ke dalam bubur bayi. Sekarang banyak penjual yang menyediakan bubuk ikan teri aman untuk bayi.

 

Ubi

Jangan remehkan ubi ya bu, ubi sejak dulu menjadi sumber pangan di berbagai daerah di indonesia. Dan ubi merupakan makanan superfodd yang baik buat si kecil.

Ubi mengandung karbohidrat, potassium, vitamin C, vitamin A dan kaya serat.

Cara menyajikanya : bisa divariasikan baik dalam bentuk puree, ubi rebus, ubi goreng atau kreasi makanan lainnya.

 

Tempe

Tempe juga bagian dari superfood karena merupakan sumber protein tinggi untuk tubuh sehingga cocok untuk perkembangan tubuh bayi. Kandungan gizi yang ada di dalam tempe, bisa juga di jadikan booster berat badan bayi yang masih kurang loh bu.

Cara penyajian : bisa dijadikan tempe goreng, kukus atau bisa divariasikan dalam masakan seperti orek tempe.

 

 

Sukun 

Ini alternatif jika sikecil lagi bosan dengan nasi. Cobalah berilah buah sukun karena sukun memiliki kandungan karbohidrat dan protein tinggi. Dengan mengonsumsi sukun, sikecil akan memperoleh asupan antioksidan, mineral, kalsium dan zat besi.

Cara penyajian : sukun bisa direbus dan dijadikan fingerfood untuk bayi. Teksturnya yang lembut dan empuk seperti kentang membuat sukun mudah dicerna oleh anak-anak.

 

Pisang

Buah yang satu ini juga tergolong superfood yang mudah diperoleh di Indonesia. Berbagai jenis dengan rasa dan ukuran yang berbeda0beda. Pisang juga memiliki serat yang baik untuk pencernaan si kecil.

Cara penyajian : buah pisang ini gampang di konsumsi salah satunya dalam bentuk pure. Atau bisa juga disajikan untuk fingerfood si kecil.

 

Kecambah 

Tentu ibu ibu sudah tau yang namanya kecambah ya. Kecambah berasal dari kacang kacangan, yang berarti memilki kandungan gizi tinggi.

Kandungan dalam kecambah antara lain protein, karbohidrat, vitamin B, vitamin C, zat besi, magnesium dan zinc.

Cara penyajian : kecambah bisa dikonsumsi dalam bentuk rebusan atau dicampur dengan sayuran lain.

 

Semoga bermanfaat dan selamat ber MPASI

(GAB/Pic.Google)

GAB

One thought on “MPASI Berbahan Superfood Lokal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: