Home > Bayi > ASI / MPASI > MPASI Pertama Sebaiknya Buah atau Serealia?

MPASI Pertama Sebaiknya Buah atau Serealia?

Salah satu hal yang umum dipikirkan para ibu adalah menyiapkan apa menu Makanan Pendamping ASI alias MPASI bagi si ibu. Sebab, ada pilihan yang kerap membuat ibu bingung yakni memberi buah atau bubur susu terlebih dulu?

Menanggapi hal ini, dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA dari RS Bunda Jakarta mengatakan, jadwal MPASI minggu pertama bisa dimulai dari buah, dengan catatan jika berat badan anak normal. Sebaliknya, jika anak kurus, MPASI sebaiknya tidak dimulai dari buah tetapi serealia. Wanita yang akrab disapa dr Tiwi ini menambahkan, dalam pengamatannya di lapangan, bayi yang MPASI-nya dimulai dengan buah, lebih sulit untuk mengonsumsi serealia.

“Akhirnya si bayi ini kurus juga. Saya pun menyimpulkan makan buah ini bagus, tapi ingat buah ini tidak menaikkan berat badan lho.
Jadi seringkali bayi ASI yang awalnya gendut, 6 bulan berat badannya 8 kg misal, terus kita mulai MPASI-nya dari buah, terus aja bobotnya 8,5 kg sampai usia 12 bulan,” tutur dr Tiwi saat berbincang dengan¬†detikHealth.

Patut diingat pula pemberian buah yang mengandung fruktosa sebagai MPASI pertama juga bisa memengaruhi preferensi bayi terhadap rasa manis. Sehingga, menurut dr Tiwi, ketika diberi serealia, bisa saja akan lebih sulit. Nah, khusus bagi bayi yang megejar kenaikan berat badan, pemberian daging dalam MPASI disebutkan dr Tiwi lebih cepat menaikkan berat badan.

Sehingga, akan lebih baik jeda penggantian menu MPASI tidak dilakukan terlalu lama. Setelah beberapa hari diberi serealia kemudian buah, Bunda bisa memberi bubur tim saring dengan daging. Pada anak yang kurus pun, pemberian daging atau hati juga bisa dilakukan meski anak masih berusia 6 bulan, mengingat daging atau hati bisa cepat menaikkan berat badan.

“Kebanyakan orang tua baru ngasih makan daging anaknya di usia 8 bulan, itupun kaldunya aja. Nggak ada nutrisinya lah itu. Kan bisa dikasih dagingnya, dihancurin kan di sana masih ada lemaknya yang menempel tuh. Kalau dikasih daging pasti berat badan anak naik,” tambah pemilik akun instagram @drtiwi ini.

Untuk jumlah MPASI, dikatakan dr Tiwi ditingkatkan sesuai minat bayi di mana jumlah MPASI awal yakni sekitar 120 ml. Di minggu kedua misalnya ibu ingin mengenalkan jenis sayur dan umbi pun boleh saja. Baiknya, pilih salah satu jenis sayur dan umbi kemudian beri bertahap selama 3 hari, lalu ganti dengan menu lain.

Tak lupa, dr Tiwi mengingatkan ada tiga syarat pemberian MPASI yaitu secara psikologis anak sudah mau, kemampuan fisik anak mendukung di mana anak sudah bisa duduk tegak dengan disangga dan kepala tegak, kemudian sistem pencernaannya juga sudah siap.

 

Source : https://health.detik.com / Google

 

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: