Home > Bayi > ASI / MPASI > Nutrisi Apa Saja Yang Dibutuhkan Pada Usia Bayi 6 Bulan?

Nutrisi Apa Saja Yang Dibutuhkan Pada Usia Bayi 6 Bulan?

Memasuki usia 6 bulan, si kecil harus sudah dikenalkan dengam makanan pendamping ASI (MPASI). Pasa usia 6 bulan, tubuh bayi sudah mampu memproduksi enzym pencernaan sehingga ia mampu mencerna makanan padat selain ASI.

MPASI yang diberikan pada usia 6 bula da[at mengurangi resiko alergi makanan karena sistem pencernaan bayi 6 bulan sudah mampu menghasilkan IgA, yakni protein immunoglobin. Protein immunoglobin  memiliki peran penting untuk melindungi sistem epncernaan. Meskipun IgA dapat diproduksi oleh ASI, namun produksinya rendah. Jadi, bayi lebih beresiko terkena alergi amakann jika diberi MPASI pada usia dibawah 6 bulan.

Selain itu, pada usia 6 bulan perkembangan motorik bayi sudah lebih baik dari usia sebelumnya. Ia sudah mampu menggerakkan makanan dan mampu mendorong makanan dari depan ke belakang mulutnya. Dengan demikian, bayi menjadi lebih mudah menelan makanan padat yang diberikan.

Berikut adalah kebutuhan nutrisi bayi saat menginjak usia 6 bulan :

  1. Protein

Protein sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang bayi karena mampu membantu dalam memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh bayi. Dengan demikian, tubuh mampu mengontrol fungsi tubuh oleh enzim. Protein bisa mama berikan melalui ikan laut. Namun, mama harus padai-pandai memilih ikan yang tidak mengandung mercury tinggi. Ikan yang bisa menjadi pilihan diantaranya ikan salmon atau ikan air tawar seperti ikan lele dan ikan patin. Mama juga bisa memberikan daging ayam giling, daging sapi yang digiling sebagai sumber protein. Agar lebih mudah menelan daging giling, mama bisa mencampurkannya dengan bubur bayi.

  1. Lemak

Lemak sangat penting sebagai sumber energi bagi bayi. Asam lemak esensial dan vitamin larut merupakan nutrisi penting yang harus dicukupi saat bayi menginjak usia 6 bulan. Lemak yang berasal dari ikan sangat baik dalam mendukung tumbuh kembang bayi usia 6 bulan.

  1. Karbohidrat

Merupakan sumber energi pertama yang dibutuhkan bayi anda untu menyediakan energi selain dari ASI. Pada bayi 6 bulan karbohidrat yang dibutuhkan adalah 68,75 gram-89,39 gram. Dalam menghasilkan karbohidrat bisa dihasilkan dari beras putih atau beras merah.

  1. Vitamin dan Mineral

Hampir semua vitamin dibutuhkan dalam perkembangan bayi di usia 6 bulan. Vitamin A,B,K,E ,D dan vitamin C. Vitamin tersebut bisa dihasilkan dari beberapa sayuran seperti bayam, labu siam, brokoli, seledri, tomat dan wortel.Sumber buah-buahan yang disarankan pada bayi berusia 6 bulan adalah mangga, semangka, pisang, jeruk, pepaya, alpukat, pir dan apel.

 

Source : zonamama.com / Google

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: