Home > Bayi > ASI / MPASI > Pilihan Buah Untuk Penambah Berat Badan Bayi

Pilihan Buah Untuk Penambah Berat Badan Bayi

Ibu mana yang tidak ingin anaknya sehat dan tentunya berat badannya yang terus naik. Namun kadang kala berat badan si kecil, tidak kunjung naik. Sedangkan ibu selalu menyiapkan menu makanan lengkap agar sikecil bisa mendapatkan asupan gizi yang sangat baik.

Apalagi saat ini sikecil sedang dalam masa pertumbuhan, tentunya sikecil membutuhkan nutrisi yang baik agar bisa tumbuh dan berkembangan dengan baik.

Salah satu makanan untuk penambah berat badan bayi adalah buah. Buah tidak hanya untuk makanan penglengkap, Nah bu, berikan pilihan buah ini yang bisa menambah berat badan bayi.

1. Alpukat

Buah satu ini sangat cocok untuk diberikan kepada bayi yang kurang berat badannya. Teksturnya yang creamy akan memudahkan bayi untuk memakannya. Selain itu, kandungan kalorinya juga tinggi. Antioksidan yang terkandung dalam alpukat menjaga bayi dari aneka penyakit. Alpukat juga punya lemak baik yang dapat menaikkan berat badan bayi.

Cara penyajian : Ibu bisa menyajikan buah alpukat dalam olahan berbentuk pure.

2. Mangga

Buah mangga tidak hanya disukai oleh orang dewasa, namun sikecil pun akan menyukai buah manis yang satu ini. Mangga selain rasanya yang lezat juga kaya akan nutrisi sehingga menjadikannya bahan yang bagus untuk disertakan dalam makanan, terutama makanan bayi. Jangan lupa untuk memilih buah yang matang dan manis. Buah manga bisa diberikan pada bayi diatas 12 bulan.

Cara penyajian : buah mangga ini juga sangat mudah diolah, bisa menjadi jus atau puree.Pastikan mangga itu ditumbuk dengan baik dan tanpa serat apa pun.

3. Pisang

Bukan rahasia lagi, jika buah pisang sangat bagus untuk pertumbuhan bayi karena buah pisang merupakan salah satu buah-buahan yang bisa menjadi sumber karbonhidrat dan juga energi untuk diberikan pada bayi sebagai salah satu makanan penambah berat badan.

Cara penyajian : Bisa dijadikan finger food atau bisa juga dengan mengolahnya menjadi puree.

4. Jeruk

Jangan salah anggapan dulu dengan buah jeruk ini, walaupun kadungan utamanya adalah air, namun ternyata didalamnya juga terkandung 62% lemak. Jadi buah jeruk juga bisa membantu sikecil untuk menambah berat badannya.

Cara penyajian : berikan jeruk pada sikecil dengan cara mengupas kulitnya dan bijinya dipisahkan.

5. Semangka

Buah semangka sangat baik untuk menambah berat badan sikecil, karena buah yang memiliki banyak kandungan air ini, 86% nya terdiri dari kalori.

Cara penyajian : Anda bisa memotong buah ini kecil-kecil dan menghilangkan biji-bijinya agar bisa dikonsumsi oleh anak Anda.

6. Pir

Buah pir tidak hanya lezat saat dimakan, namun buah pir ini bisa dijadikan salah satu makanan padat yang ibu bisa berikan pada sikecil untuk penambah berat badannya. Selain ini buah pir ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, yang meliputi magnesium, mangan, vitamin B kompleks, potassium, vitamin C dan vitamin K.

Cara penyajian : Ibu bisa menyajikan buah pir dalam olahan berbentuk pure.

 

Semoga bermanfaat

(GAB/Pic.Google/Source.Nakita.com-Hamil.co.id)

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: