Home > Bayi > Pola Tidur Bayi, Mom Harus Tahu!

Pola Tidur Bayi, Mom Harus Tahu!

Bayi memiliki pola tidur yang berbeda-beda sesuai dengan umurnya. Dan tentunya bayi memiliki pola tidur yang lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa maupun dengan balita.

 

Apabila Moms baru melahirkan seorang bayi, tentunya bayi Moms akan mengisi hari-harinya dengan tidur. Bayi baru akan terbangun ketika dia merasakan lapar, ingin buang air kecil atau besar, ataupun merasa terganggu.

Bagi para Moms yang masih belum mengetahui pola tidur bayi, berikut informasi selengkapnya yang dilansir dari suatu sumber:

 

Bayi 0-2 Bulan

Pola tidur bayi yang berusia 0-2 bulan memiliki waktu tidur sebanyak 16 jam perhari, sehingga Moms tidak perlu heran apabila bayi banyak menhabiskan waktunya untuk tidur daripada beraktivitas. Estimasi waktu tidur yang diperlukan oleh bayi berumur 0-2 bulan adalah sebagai berikut:

  • Tidur siang sebanyak 7.5 jam
  • Tidur malam sebanyak 8.5 jam

 

Bayi 3 Bulan

Bayi berumur tiga bulan juga masih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur, namun jumlah atau jam tidurnya tidak sebanyak dengan bayi umur 0-2 bulan. Bayi yang berumur 3 bulan memiliki waktu tidur sebanyak 15 jam sehari, dengan estimasi waktu sebagai berikut:

  • Tidur siang sebanyak 5 jam
  • Tidur malam sebanyak 10 jam

 

Bayi 4-5 Bulan

Bayi yang berusia 4-5 bulan akan memiliki lama tidur sebanyak 15 jam. Waktu tidur itu sama dengan waktu tidur ketika bayi Moms berumur tiga bulan, namun estimasinya berbeda. Berikut ini estimasi waktu tidur bayi yang berusia 4-5 bulan:

  • Tidur siang sebanyak 4 jam
  • Tidur malam sebanyak 11 jam

 

Bayi 6 Bulan

Bayi yang berumur 6 bulan memiliki waktu tidur sebaanyak 14.5 jam, dimana waktu tersebut lebih sedikit dibandingkan dengan sebelumnya karena saat umur 6 bulan bayi sudah dapat melihat benda-benda disekitarnya. Bayi juga mulai bisa beraktivitas dibandingkan dengan usia sebelumnya. Sementara untuk stimasi waktunya adalah sebagai berikut:

  • Tidur siang sebanyak 4.5 jam
  • Tidur malam sebanyak 10 jam

 

Bayi 7-8 Bulan

Bayi dengan umur 7-8 bulan memiliki waktu tidur sebanyak 14 jam. Estimasi waktu tidur bayi dengan usia 7-8 bulan adalah sebagai berikut:

  • Tidur siang sebanyak 4 jam
  • Tidur malam sebanyak 10 jam

 

Bayi 12 Bulan

Pada saat bayi sudah berumur satu tahun, bayi biasanya sudah lincah dan aktif. Dia juga sudah bisa merangkak dan berjalan sehingga akan membutuhkan waktu tidur lebih sedikit karena saat siang hari, bayi akan sibuk dengan aktivitasnya sendiri. Estimasi waktu tidur yang dibutuhkan adalah:

  • Tidur siang selama 2 jam
  • Tidur malam 11 jam

 

 

Tidur yang bermanfaat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi sehingga Moms juga tidak perlu khawatir apabila si kecil tidur terlalu lama. Melalui tidur yang berkualitas, bayi Moms dapat lebih aktif dan bersemangat untuk bermain. Tidur yang berkualitas dengan waktu yang cukup juga membuat bayi cenderung tidak akan rewel.

 

Source : mamaway.co.id / Google

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: