Home > Bayi > Stimulasi Agar Bayi Cerdas

Stimulasi Agar Bayi Cerdas

Kita tidak harus menyekolahkan anak di sekolah khusus berstandar internasional agar si kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berwawasan luas. Apapun pendidikan yang ia dapatkan, yang penting kita selalu memberikan perhatian penuh pada proses perkembangan si kecil.

Demi mencapai potensi diri sepenuhnya, anak perlu dukungan imaterial juga. Tak butuh banyak uang, hanya kasih sayang yang tulus dari kita. Lihat deh di infographic hal2 yang bisa kamu lakukan untuk menstimulasi kecerdasan anak. Ringan dan sepele banget ya sebenarnya. Yuk baca selengkapnya.

Interaksi

Banyak bicara dengan bayi, skin to skin, sering mengendong, masssage setiap hari. Hal tersebut membuat lebih nyaman dan terasa aman untuk bayi.

Ajak bicara

Agar kemampuan bahasanya kuat, selalu ajak bicara bayi ya Bu. Seperti menjeaskan ke anak apa yang sedang Ibu lihat dan lakukan. Meski terlihat belum mengerti, hal ini bisa membuat bayi untuk merespon apa yang ia ucapkan. Ibu bisa menjelaskan apa yang ibu sedang lakukan sehari-hari, misalnya sedang menuang air di dalam botol “Ibu sedang taruh air untuk kamu minum”. Ibu bisa mengucapkan dengan intonasi dan artikulasi yang jelas. Dengan begitu anak akan belajar menyusun kata dengan melihat apa yang Ibu ucapkan.

Tantangan Baru

Beri tantangan baru dengan tingkat kesulitan yang beraneka ragam ya Bu. Hal ini bisa dilakukan dnegna kegiatan sehari-hari loh bu. Contohnya minta si anak untuk melakukan yang ibu contohkan yaitu buka tutup kotak. Atau hal lainnya yang sering Ibu lakukan.

Beri ruang gerak

Biarkan bayi bebas bergerak dan biarkan ia mendapatkan stimulasi dari sekitarnya. Jadi jangan selalu di taruh di stoller, carseat, bouncer atau apapun yang membatasi gerakannya.

Kebutuhan dasar

Pastikan bayi tidur cukup, vaksin lengkap, dapat ASI, dan juga tentunya makanan yang bergizi ya Bu. Jangan lupa juga perikasakan kesehatan si kecil ke dokter anak langganan Ibu. Pola makan yang buruk bisa menggangu IQ si kecil loh Bu. Menu makanan yang rendah mineral, protein, vitamin, serta terlalu sedikit atau terlalu banyak mengandung kalori akan memperlambat perkembangan anak.

Maksimalkan ASI

Berikan ASI sampai anak usia 2 tahun. Pasti Ibu sudah tahu betul manfaat ASI untuk meningkatkan IQ anak. Ibu bisa konsultasikan ke dokter anak anda, untuk mengenai penambahan suplemen harian anak setiap harinya.

Jauhkan Gadget / TV

Dengan tidak diberikan dengan gadget makan anak akan sering berinteraksi dengan sekitarnya. Anak akan menjadi lebih aktif dalam mengexplore apa yang ada disekitarnya. Jika si kecil ditotonkan tv terus maka sikecil tidak akan ada interaksi dengan sekitar, padahal interaksi dengan sekitar sangat penting untuk kecerdasan anak.

 

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: