Home > Bayi > Stimulasi Untuk Melatih Bayi Belajar Duduk

Stimulasi Untuk Melatih Bayi Belajar Duduk

Siapa sih yang tidak penasaran dengan perkembangan anak, terutama jika ibu adalah ibu baru. Di tahun pertama kehidupannya salah satu milestone yang paling di nanti adalah waktu sikecil duduk sendiri. Gemes banget lihat perkembangannya.

Nah kebanyakan bayi bisa melakukannya sejak usia 4-5 bulan sampai rentang usia 8-9 bulan. Tapi pastinya tergantung juga sama kemampuan tiap bayi.

 

Cara stimulasi untuk melatih bayi belajar duduk 

Perbanyak Tummy Time

Tummy time atau bermain sambil tengkurap, ternyata banyak manfaat ya bu untuk bayi. Manfaatnya adalah melatih keseimbangan, koordinasi tubuh juga melatih kekuatan otot di leher dan punggungnya.

Latih berguling, caranya posisikan bayi telentang terus geser kakinya ke arah samping. Ikuti dengan menggeser tangan, badan dan terakhir kepalanya.

Melalui gerakan ini, lama-lama si kecil akan penasaran untuk mengkat tubuhnya sendiri. Dengan banyak latihan, si kecil semakin siap untuk duduk sendiri.

 

Siapkan mainan

Jika sikecil sudh di posisi duduk bersandar, cobalah beri makanan di depan kakinya. Nah lewat mainan, biasanya si kecil akan tertarik untuk mengambil mainan.

Dengan menambah ketahanan tubuh, ibu bisa meletakkan mainan di posisi yang selevel dengan pandangan mata bayi saat dia duduk. Mainan seperti kaca atau sensory board, bisa membuat dia betah duduk.

 

Manfaatkan alat bantu duduk

Jika dirumah ada stroller, ibu bisa memanfaatkannya untuk belajar duduk. Seperti biasa, tempatkan si kecil di stoller. Untuk membuat si kecil tertarik, ibu bisa sambil menceritakan apa yang ia sedang lihat, agar bayi juga merasa nyaman.

Ibu bisa memanfaatkan bantal guling yang disusun senyaman mungkin untuk jadi sandaran yang nyaman untuk si kecil.

Jika ibu sudah membeli highchair untuk persiapan MPASI, ibu bisa memanfaatkannya loh. Jika masih kebesaran, ibu bisa tambahkan bantal kecil di sekelilingnya untuk memantapkan posisi duduk si kecil.

 

Jadikan tubuh ibu sebagai sandaran yang paling nyaman

Caranya sederhana sata lagi bermain posisikan bayi di pakuan ibu sebagai sandaran punggungnya. Sambil duduk, ajak si kecil membaca buku atau bernyanyi sambil tepuk tangan. Dengan begitu si kecil dapat belajar menjaga keseimbangannya.

 

 

Note

– Selama latihan duduk, perhatian kondisi bayi jika si kecil sudah terlihat lelah, jangan di paksa.

– Selalu waspada jika posisi duduk si kecil mulai tidak seimbang

– Tidak perlu buru-buru bayi buat duduk karena tiap bayi punya momen perkembangannya sendiri-sendiri.

 

Happy parenting Bu…

(GAB/Pic.Google)

 

 

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: