Home > Bayi > ASI / MPASI > Tanda Sikecil Alergi Ikan

Tanda Sikecil Alergi Ikan

Ikan adalah salah satu bahan makanan untuk MPASI yang bagus namun juga salah satu makanan yang wajib di waspadai karena rentan alergi. Apalagi jika ada riwayat alergi dari keluarga. Oleh karena itu disarankan untuk test alergi setiap sikecil diberikan menu baru, dengan cara berikan makanan tersebut 3 hari berturut-turut.

Namun bagaimana jika sikecil ternyata memiliki tanda alergi. Nah berikut ini adalah tanda alergi terhadap MPASI berbahan ikan.

1. Ruam kulit

Ruam kulit bisa berkembang mulai dari bintik merah pada kulit bayi, lalu berubah menjadi ruam yang lebih besar. Ibu mungkin mengira jika ini ruam biasa sehingga terkadang tidak tahu kalau bayi terkena alergi. Kemudian ruam bisa bertahan lebih lama jika ibu memberi ikan dalam jumlah banyak.

2. Biduran

Biduran sebagai reaksi kulit ketika ada tanda alergi dari dalam. Kulut sikecil akan muncul rasa gatal, lalu berkembang menjadi benjolan kecil dan menyebar ke seluruh tubuh. Ini tidak menyakitkan tapi akan membuat bayi tidak nyaman.

3. Mual dan muntah

Ikan juga bisa menyebabkan bayi mengalami alergi sehingga langsung mual atau muntah setelah makan. Ini bisa menjadi tanda alergi yang sedikit lebih parah karena bayi akan muntah setelah makan. Penyebab bayi muntah setelah makan tidak selalu karena bayi kekenyangan, tapi juga karena alergi.

4. Diare

Bagi orang dewasa alergi ikan bisa memicu gangguan pencernaan seperti diare. Nah untuk bayi hal ini juga bisa terjadi dengan sangat cepat. Karena pencernaan bayi tidak mampu menerima ikan atau senyawa dalam ikan.

5. Pilek

Pilek tidak hanya karena influenza ya bu, jika bayi Anda terkena pilek setelah makan ikan, maka itu bisa saja terjadi karena alergi. Meskipun ini bisa terjadi tapi ini reaksi yang sangat langka. Biasanya reaksi ini lebih sering terjadi pada orang dewasa.

6. Mata bintitan

Ikan adalah makanan yang tinggi protein. Protein tertentu bisa menyebabkan bagian mata tertentu anak muncul benjolan kecil, kencang dan seperti berair. Ini biasanya tidak terlalu sakit tapi bisa menyebabkan mata bayi tidak nyaman, gatal dan kemudian baru terasa sedikit sakit.

 

Semoga bermanfaat ya bu.

(GAB/Pic.Google/Src.Hamil.co.id)

 

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: