Home > Bayi > Tips Aman Memotong Kuku Bayi

Tips Aman Memotong Kuku Bayi

Kalau baru pertama kali, memotong kuku bayi mungkin terasa menakutkan yaa Bu? Takut melukai kulit si kecil. Lawan rasa takut tersebut Bu, soalnya kuku bayi itu cepattt sekali panjangnya. Dan dalam beberapa bulan pertama, si kecil masih belum bisa mengontrol gerakannya. Itulah kenapa ia sering tidak sengaja mencakar wajah dan tubuhnya.
.
Memang sih, sarung tangan bayi bisa jadi alternatif. Tapi sarung tangan itu nggak baik lho dipakaikan sering2 karena bisa menghambat kemampuan bayi mengeksplor sekitarnya.

Satu-satunya cara adalah dengan rutin memotong kuku bayi. Cek yuk beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Gunting kuku khusus bayi

Pakai gunting kuku khusus bayi untuk meminimalisir resiko kulit bayi yang terluka. Sekarang banyak kog Bu yang jual gunting kuku khusus bayi seperti di toko bayi atau online shop

Pencahayaan

Pilih ruangan dengan pencahayaan yang baik saat memotong kuku anak. Lebih baik kalau dilakukan di pagi hari ya Bu.

Cara yang salah

Jangan memotong kuku dengan cara mengigitnya atau merobeknya ya Bu. Hal ini beresiko sekali kulit bayi akan terluka, dan si kecil akan kesakitan.

Bayi tenang

Potonglah saat kondisi bayi saat tenang, seperti saat bayi sedang menyusu atau tertidur.

Sehabis mandi

Potong kuku sehabis mandi bisa membuat kuku menjadi lunak dan gampang di potong. Seperti kita ya Bu, sebelum pedicure. 🙂

Tekan jari bayi

Saat memotong kuku bayi, tekan jari bayi menjauh bagian dalam dari kuku agar tidak ada resiko untuk kulit bayi terluka

Waktu

Potong kuku bayi minimal seminggu sekali karena kuku bayi cepat sekali tumbuh, terutama jari tangan.

Tetap hati – hati

Hati-hati memotong kuku bayi usia <1bulan karena kuku yang panjang & kuku yang menempel dikulit bawah kuku sulit dibedakan.

Terluka

Saat ulitnya terluka, tekan dengan lemnut area luka dengan tissue bayi, maka darah akan berhenti, dan jari tidak perlu di plester.

 

TIPS

Jangan memotong kuku bayi sebelum bayi berumur 1 bulan ya Bu. Hal ini dikarenakan sulit untuk membedakan bagian kuku yang tumbuh dengan kulit yang menempel di bawah kuku. Kulit bayi sangat beresiko berdarah bila Ibu memotongnya terlalu pendek. Lebih baik gunakan sarung tangan atau bedong tubuhnya supaya tangan bayi tidak mendekati wajahnya.

Lalu kapan waktu yang pas untuk memotong kuku bayi ? Saat kukunya sudah sedikit menjadi keras, yakni pada usia bayi sekitar 8 minggu, Anda bisa mulai memotong kukunya, tapi lakukan ini dengan hati-hati ya Bu.

 

Sudah tahu tips aman memotong kuku bayi kan Bu, jadi ga perlu takut lagi untuk memotong kuku anak sendiri.

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: