Home > Bayi > ASI / MPASI > Tips Memilih Makanan Pertama untuk Bayi

Tips Memilih Makanan Pertama untuk Bayi

Bagi anak yang sudah mencapai usia enam bulan, sudah waktunya kita memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) untuknya. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat memberikan makanan pertama untuk buah hati. Kita simak, yuk!

Perhatikan Tekstur Makanan

Tekstur makanan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan saat kita mengenalkan makanan selain ASI pada periode enam bulan pertama sejak bayi lahir. “Dengan memberikan makanan yang memiliki tekstur lembut dan kekentalan yang bisa dicerna dengan baik, ini akan membantu pencernaan bayi agar beradaptasi dan bekerja dengan baik,” ujar Dr. Widjaja Lukito, Sp.GK.

Bubur buah yang dihaluskan bisa jadi pilihan menu makanan pertama bayi di usia 6 hingga 9 bulan. “Karena pertumbuhan gigi bayi belum sempurna benar dan biasanya bayi usia 6-9 bulan baru memiliki empat hingga enam gigi, jadi sebaiknya kita memberikan makanan yang bertekstur lembut dan mudah dicerna bayi. Buah pisang dan alpukat bisa menjadi menu favorit bayi sebab buah tersebut sangat lembut dan enak,” urai Dr. Widjaja. Menurutnya, pisang mengandung vitamin A, C, asam folat, dan kolin. Teksturnya yang mudah dicerna ini juga mengandung mineral dan kaya akan kalium yang baik untuk perkembangan tulang bayi. Kita juga bisa memberikan Si Kecil buah alpukat yang dihaluskan. Ini berguna untuk mencegah sembelit dan alpukat juga nggak menyebabkan alergi pada anak.

Jangan Hanya Buah Saja

Tak hanya buah saja yang dapat diberikan pada Si Kecil, kita juga bisa menyelinginya dengan sayuran seperti wortel, brokoli, dan bayam agar bayi dapat mengenal sayuran sejak dini. “Saran untuk ibu yang baru memulai memberikan MPASI, boleh saja memberikan buah yang memang lebih manis rasanya, tetapi cobalah untuk menyelingi dengan sayuran ataupun mencampurkan buah dan sayur yang telah dilumatkan untuk menu bayi,” kata Dr. Widjaja.

Contohnya, kita bisa memberikan Si Kecil wortel kukus yang dijadikan lembut. Wortel mengandung vitamin A dan C, serta beta karoten yang dibutuhkan tubuh untuk melindungi tubuh bayi dari radikal bebas. Atau kita bisa memberikannya bubur kacang hijau yang mengandung protein nabati yang tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian bayi. Selain buah dan sayur, kita juga bisa memberikan anak kita tofu, keju parut atau keju yang dipotong kecil, salmon, atau kaldu dari ceker ayam.

 

Source : Fimela.com / Google

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: