Home > Keluarga > Tips Menjadi Ayah Hebat Untuk Anak AYAH

Tips Menjadi Ayah Hebat Untuk Anak AYAH

Ternyata ayah bisa menjadi idola bagi anak lho. Bagaimana cara agar menjadi ayah yang hebat untuk si kecil?

Pintar Mendongeng

Kalau biasanya ritual mendongeng lebih banyak dilakukan oleh para ibu sebelum si kecil tidur malam, sekarang saatnya ayah menunjukkan kepiawaian dalam bercerita. Karena ternyata kemampuan ayah bercerita lebih baik daripada ibu lho. Anak akan sangat menyukai momen kebersamaan bersama saat ayah bercerita. Apalagi jika ayah mendongeng dengan intonasi suara yang berbeda-beda. Ini akan membuat anak sangat terkesima dan spontan memuji kamu sebagai ayah yang hebat.

Hapuskan Peraturan

Saat bersama anak, cobalah untuk lebih santai. Hilangkan peraturan yang kamu dan pasangan buat untuk si kecil. Karena ternyata anak-anak akan sangat menyukai kebersamaan yang natural tanpa adanya peraturan yang membuat anak terkekang. Jadi ketika kamu meluangkan waktu bersama si kecil, biarkan anak bebas melakukan apa saja. Namun yang perlu ayah ingat adalah untuk memberikan arahan dan penjelasan bilamana yang dilakukan anak membahayakan.  Mandi air hujan, sepertinya akan menjadi aktivitas seru yang tidak terlupakan bagi anak.

Peka Dengan Perasaan Anak

Anak sangat membutuhkan perhatian karena itu ayah harus bisa mengasah kepekaan terhadap perasaan dan kebutuhan anak. Cobalah untuk lebih mengenal karakter anak dan cari tahu tentang apa yang diperlukan anak saat itu. Misal, saat anak membutuhkan dukungan dalam pertandingan sepak bola, sebaiknya ayah meluangkan waktu untuk menonton. Sebab, kehadiran ayah akan membuat anak semangat. Ketika anak bersedih atau kecewa, maka ayah harus memberikan pelukan. Pelukan ayah mampu menghibur rasa sedihnya.

Tidak Malu Berperilaku Seperti Anak Kecil

Tidak perlu sungkan dan malu untuk bertingkah laku layaknya anak-anak. Saat ayah bermain dengan anak, maka ayah harus berusaha menempatkan diri seperti anak-anak juga. Dengan begitu anak merasa nyaman saat bermain. Menarilah bersama si kecil saat mendengarkan lagu favorit anak. Ikuti gaya si kecil dan tertawalah bersama-sama. Tarian kamu pasti akan sangat disukai si kecil.

Ikut Bereksperimen Bersama Anak

Anak selalu ingin tahu banyak hal dan bereksperimen dengan hal baru. Ayah hebat adalah ayah yang mau terlibat dengan segala eksperimen yang dibuat si kecil.  Misal, kamu ikut berpartisipasi ketika anak sedang memilih pakaiannya sendiri. Berikan komentar positif terhadap pilihan anak dan biarkan anak bereksperimen terhadap penampilannya.

Sabar

Ingat saat bermain dengan anak, hindari untuk sering mengomel dan memarahi anak. Karena  saat ayah marah akan membuat memori buruk bagi anak.  Cobalah untuk mengontrol emosi dan bersabar ketika bersama dengan anak.  Sebab, anak akan merasa nyaman ketika ayah bisa menunjukkan sifat yang lemah lembut.

Memasak Makanan Anak

Memasak bersama anak menjadi kegiatan yang memberikan pengalaman menarik untuk anak. Karena itu, ayah bisa mengajak anak untuk masak menu makanan favoritnya. Bahkan, saat ayah bisa memberikan kejutan dengan menyiapkan makanan favorit anak, maka anak akan sangat senang. Tidak perlu menu makanan yang sulit untuk dibuat, kamu bisa membuat roti isi stroberi dengan bentuk hati, menggoreng ayam kesukaan anak. Lihat bagaimana respon anak saat melihat kejutan yang ayah buat. Nah, ternyata tidak sulit bukan untuk menjadi sosok ayah hebat yang disayang anak.

 

Source : fimela.com / Google

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: