Home > Kehamilan > Tips Merawat Perut Agar Kembali Rata Setelah Melahirkan

Tips Merawat Perut Agar Kembali Rata Setelah Melahirkan

Perubahan Hormon

Mungkin kamu akan terkejut dan sedikit kesal melihat perutmu setelah melahirkan. Walaupun si kecil sudah lahir, tapi perutmu masih saja bulat dan terlihat seperti masih hamil enam bulan!Tenang Bu, memang butuh waktu untuk tubuhmu apalagi perutmu untuk betul-betul kembali ke bentuk semula seperti sebelum hamil. Ketika bayimu lahir, perubahan hormon akan membuat rahimmu berkontraksi dan kembali ke bentuk ketika hamil. Ini membutuhkan waktu sekitar 6 minggu untuk mengembalikannya ke bentuk normal.

Seluruh sel di tubuhmu yang membengkak ketika hamil akan keluar lewat cairan ekstra. Cairan ini  akan keluar dari tubuhmu lewat urin dan keringat. Nah, lemak yang tertimbun di tubuhmu juga akan terbakar dan hilang seiring kamu menyusui dan merawat bayimu. Tapi ingat, proses ini membutuhkan beberapa minggu. Jadi kamu harus sabar ya, Bu.

Kesabaran adalah Kuncinya

Mungkin kamu pernah mendengar ada Ibu baru melahirkan yang perutnya langsung singset dan langsing setelah melahirkan. Memang ada, tapi kasus itu jarang sekali, Bu! Butuh waktu berbulan-bulan untuk menghilangkan ‘tas pinggang’ di perut kamu dan bahkan ada beberapa Ibu yang tidak pernah kembali ke bentuk semula.

Eits, jangan takut dulu, Bu. Butuh waktu 9 bulan bagi abdomenmu untuk merenggang dan ‘menampung’ bayi. Jadi, masuk akal kalau butuh waktu yang lama juga untuk mengecilkannya kembali. Kesabaran adalah kuncinya, Bu. Kecepatan tubuhmu kembali ke bentuk semula biasanya bergantung pada ukuran tubuh normalmu, seberapa banyak beratmu bertambah ketika hamil, dan seaktif apa kamu setelah melahirkan. Selain olahraga, kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhmu.

Breastfeeding Ternyata Membantu, Lho!

Ya, breastfeeding alias memberian ASI pada bayi dapat membantu melangsingkan perutmu setelah hamil lho, Bu. Terutama jika kamu rajin memberian ASI di bulan-bulan pertama setelah kamu melahirkan.  Dengan memberikan ASI, tubuhmu akan membakar ekstra kalori untuk memproduksi susu. Selain itu, dengan breastfeeding, tubuhmu juga akan terdorong untuk melakukan kontraksi yang membantu menyusutkan rahimmu sehingga akan menurunkan berat badanmu setelah melahirkan dan juga membantu pelan-pelan meratakan perutmu.

Mengatur Asupan Makanan Ke Tubuhmu

Jangan karena kamu ingin melangsingkan perutmu setelah melahirkan, lalu kamu berusaha mati-matian untuk diet, Bu. Jika kamu mengurangi asupan makanan ke tubuhmu, itu malah akan memperlambat proses pengembalian bentuk tubuhmu. Selain itu, kamu juga akan menjadi lebih mudah capek.

Tips yang jitu adalah kamu harus makan dengan sehat dan teratur. Coba atur waktumu untuk selalu sarapan, lalu kamu juga harus makan setidaknya 5 kali buah dan sayur setiap harinya. Masukkan juga makanan yang kaya serat seperti oat dan kacang-kacangan. Kentang atau nasi juga wajib ada di menumu, Bu. Sedangkan untuk snack kamu bisa sesekali ngemil biskuit dan kue-kue kecil. Seimbangkan jam makanmu, dan jangan mengurangi makan secara drastis. Ingat, kamu masih harus memberikan bayimu ASI, karena itu asupan makanan di tubuhmu juga harus tetap sehat dan seimbang.

Olahraga dan Perawatan Paska Melahirkan

Agar perutmu kembali rata seperti sebelum melahirkan, kamu juga harus rajin olahraga. Ada banyak pilihan olahraga aman bagi Ibu yang baru melahirkan seperti Gym atau Pilates. Selain itu, kamu juga bisa pergi ke spa atau salon yang khusus menyediakan layanan paska melahirkan (postnatal care).  Di sana tubuhmu dan juga perutmu akan dipijat dan direfleksi khusus untuk perawatan paska melahirkan. Tentu tak hanya bisa sekali dua kali saja kamu melakukan perawatannya. Jadi, lakukan secara bertahap dan sabar ya, Bu. Dengan  begitu, pasti perutmu akan kembali langsing seperti sediakala!

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: