Home > Bayi > ASI / MPASI > Tips untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Tips untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Siapa sih yang tidak pusing jika si kecil mulai susah makan. Padahal di masa inilah, si kecil membutuhkan nutrisi yang lebih banyak untuk masa pertumbuhannya. Menu yang di sediakan juga beraneka ragam untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya mulai dari sayur-sayuran, lauk pauk dan makanan tambahan lainnya.

Kali ini ada tips yang dapat ibu lakukan agar nafsu makan si kecil lebih baik, simak yuk bu.

 

1. Biarkan si kecil yang menentukan porsinya

Jangan paksakan sikecil untuk menhabiskan porsi yang kita sediakan. Saat memberikan makan anak, berikan prosi yang berbeda dan biarkan si kecil yang menentukan sendiri porsi yang ia mau. Jika sikecil masih merasa lapar, ia akan meminta makanannya. Si kecil smart loh bu.

Lihatlah dalam satu minggu, akan terlihat porsi makan yang sesuai dengan kemauan mereka. Nah dengan cara inilah, ibu bisa mempelajari porsi makan anak dan tidak ada makanan yang terbuang.

 

2. Batasi cemilan

Jika sikecil lebih suka ngemil, ibu bisa membatasi ya. Memberi cemilan tidak ada salahnya, seperti biskuit kesukaannya. Tapi bat jadwal untuk hal tersebut, jika bisa jangan memberikan cemilan 2 jam sebelum makanan utamanya. Jika Si Kecil dibiasakan untuk sering makan camilan dapat mempengaruhi rasa lapar yang berkurang disaat jam makan yang seharusnya.

 

3. Gunakan tangan si kecil

Mungkin cara ini akan menyenangkan bagi sikecil yaitu dengan menggunakan tangan mereka sendiri untuk makan. Dengan cara ini bisa mempengaruhi nafsu makan mereka. Dan bagusnya hal ini bisa melatih motorik mereka dalam merasakan tekstur makanan yang ia makan.

 

4. Batasi susu

Sama halnya dengan cemilan, batasi konsumsi susu sebelum makan makanan utama. Tak hanya susu, cairan lainnya seperti jus memiliki jumlah kalori cukup banyak. Karenanya, Si Kecil akan menjadi kenyang dan membuat nafsu makannya turun.

 

5. Makan dengan keluarga

Dengan makan bersama keluarga tentunya bisa membuat suasana menyenangkan. Dengan melihat orang lain makan ia akan mencontoh bagaimana cara makan yang benar. Dan hal ini akan membuat sikecil lebih bersemangat dalam menghabiskan makanannya.

 

6. Menu yang bervariasi

Usahakan ibu memasak dengan makanan yang variatif setiap harinya. Jika ibu bisa, masaklah berbeda setiap harinya dalam waktu seminggu, hal ini dapat membantu si kecil untuk mencoba berbagai rasa makanan. Sekaligus ibu bisa mengetahui selera anak dan menjadikannya sebagai preferensi untuk makanan mereka selanjutnya.

 

Semoga bermanfaat

 

(GAB/Pic.Google)

 

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: