Home > Bayi > ASI / MPASI > Waspadai 4 Makanan Penyebab Sembelit Pada Bayi

Waspadai 4 Makanan Penyebab Sembelit Pada Bayi

Bayi yang hanya diberi ASI biasanya jarang mengalami sembelit atau susah buang air besar. Ini karena ASI membantu melancarkan pencernaan bayi. Meski begitu, berbeda halnya ketika bayi mulai mengenal makanan padat, sembelit bisa menjadi masalah yang harus dihadapi.

Maka itu, Anda harus pinta-pintar memilih makanan agar mencegah sembelit pada bayi. Lalu, apa saja makanan penyebab sembelit?

Berbagai makanan penyebab sembelit pada bayi

1. Sereal beras

Bukan hal yang mengejutkan lagi jika penyebab sembelit pada bayi akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan padat. Salah satu makanan padat yang sering diberikan untuk bayi adalah sereal beras. Sayangnya, makanan ini dapat menyebabkan sembelit karena rendah serat.

Meski demikian, Anda mungkin dapat mencoba selai dan sereal oatmeal, karena makanan ini mengandung lebih banyak serat. Bila perlu, tambahkan juga sedikit jus buah prem pada sereal untuk memberikan varian rasa yang lebih nikmat sekaligus membantu mencegah sembelit.

2. Pisang

Pisang sering dijadikan makanan padat pendamping ASI karena selain teksturnya yang lembut, buah satu ini juga memiliki rasa manis sehingga banyak bayi yang menyukainya. Sayangnya, pisang jadi salah satu makanan penyebab sembelit bagi sebagian orang.

Namun, ini hanya terjadi jika Anda memberikan bayi pisang yang belum matang secara sempurna. Ya, pisang mentah dapat menyebabkan sembelit karena mengandung jenis pati yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Jadi, pastikan pisang yang akan diberikan si kecil sudah matang secara sempurna, ya.

3. Produk susu

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar, produk susu, seperti susu, yogurt, es krim, ataupun keju dapat menyebabkan sembelit. Belum diketahui secara pasti apakah ini terjadi karena susu itu sendiri atau justru malah kombinasi dari kedua hal tersebut.

Namun, kandungan lemak yang tinggi dan rendahnya serat di dalam produk susu dapat memperlambat proses pencernaan sehingga memicu sembelit. Tidak hanya itu, kandungan laktosa dalam susu dipercaya dapat menyebabkan perut kembung atau bergas.

Hal ini juga berlaku bagi bayi yang mengonsumsi susu formula. Pasalnya, jika bayi Anda minum susu formula, ada kemungkinan penyebab sembelit yang dialaminya berasal dari salah satu komponen protein dalam susu formula.

Konsultasikan ke dokter apakah salah satu kandungan dalam susu formula yang dikonsumsinya jadi penyebab ia mengalami sembelit atau tidak.

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sembelit pada bayi

Agar sembelit pada bayi tidak terjadi, pastikan Anda selalu menyediakan menu makanan yang kaya serat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Ini karena makanan kaya serat cenderung lebih mudah dicerna dan lebih baik untuk menjaga kesehatan usus dan memudahkan gerakan usus. Pilihlah serat yang sulit larut yang berasal dari gandum dan sayuran hijau tua, karena kualitasnya lebih padat sehingga memudahkan usus untuk menggerakan usus.

Selain jenis makanan yang baik, lengkapi pula kebutuhan anak dengan konsumsi air yang cukup. Oleh karena itu, untuk mengatasinya ajak anak untuk minum lebih banyak air putih. Namun ingat, air tidak dapat mengganti peran ASI.

 

Source : hellosehat.com / Google
GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: