Home > Bayi > Wonder Weeks pada Bayi

Wonder Weeks pada Bayi

Pasti semua ibu merasa binggung ya dimana bayi lebih rewel, maunya digendong terus, dan lebih sering menangis. Jangan keburu berfikiran yang tidak tidak ya bu, karena periode ini di namakan Wonder Weeks.

Apa sih Wonder Weeks? 

Wonder Weeks adalah kondisi di mana ada perkembangan pada syaraf dan otak bayi. Ini terjadi 10 kali (istilahnya leap atau lompatan) dalam 20 bulan pertama anak.

Saat wonder weeks berlangsung akan ada sistem perubahan otak dan saraf bayi. Nah biasanya setelah melewati masa ini, bayi akan mampu menguasai skil baru. Bisa di bilang tambah pintar ya bu.

Wonder Weeks dan 3C Pada Bayi

Clinginess

Clinginess adalah dimana si kecil lenih lengket dengan Ibu. Bayi baru lahir menganggap ibunya adalah bagian dari dirinya secara tidak sadar. Oleh karena itu biasanya para bayi tidak mau lepas dari dekapan ibunya.

Cara yang digunakan diseluruh dunia agar bayi tenang adalah membedong bayi. Ota bayi yang belum matang menganggap bedongan adalah sebagai dekapan lengan ibu. Nah dengan membedong bayi maka membuat si kecil lebih nyaman.

Pada usia 4 sampai 6 bulan, kesadaran bayi mulai berkembang dan memahami kalau ia dan ibu nya adalah individu yang terpisah. Rasa takut berjauhan dari ibu akan membuat bayi menangis. Jadi jangan keburu berfikiran negative ya bu.

– Crankiness

Fase ini adalah fase dimana bayi jadi lebih rewel. Ciri cirnya adalah tidurnya mudah terganggu dan teralihkan ketika si kecil menyusu. 

Jadi jangan terburu berpikran yang tidak tidak ya bu, seperti apa asi saya tidak cukup? apa susu formual cocok untuk dia? apa anak sakit? apa lagi tumbuh gigi?

Pastikan saja kalau anak tidak sakit. Dan fokus pada ketenangan bayi dan memberi dukungan selama bayi dalam masa ini. Masa masa ini tidak selamanya kog bu.

– Crying

Bayi menangis adalah bentuk komunikasi dari rasa lapar, haus, tidak nyaman, bosan, dan merupakan bentuk emosi yang ia rasakan.

Oleh karena itu kenali tanda sikecil lapar, haus, mengantuk sebelum tangisnya pecah. Tapi orangtua perlu waktu untuk mengenali tanda ini dan belajar merespon dengan cepat untuk mencegahnya menangis.

Menangis menjadi bagian dari wonder weeks sebelum terjadi lompatan perkembangan.

Cara menghadapi si kecil yang wonderweeks

– Sabar

– Memahami tanda-tanda bayi lapar dan haus

– Mencoba menenangkannya

– Memahami situasi yang ia alami

– Meminta bantuan dari suami atau orang tua ketika ibu perlu melakukan aktivitas lainya

 

semoga bermanfaat –

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: