Home > Bayi > ASI / MPASI > Yogurt untuk Makanan Bayi

Yogurt untuk Makanan Bayi

Yogurt adalah salah satu produk yang dihasilkan dari susu. Pasti ibu disini sudah pernah merasakan makanan yang satu ini.Umumnya yogurt dibuat dari susu sapi, tetapi ada juga yang berbahan dasar susu kerbau, kambing, biri-biri dan bahkan unta.

Yogurt bisa dijadikan makanan pertama bayi ya bu, karena selain lezat yogurt sehat dan bergizi. Protein yang dikandung yogurt merupakan protein hasil dari proses kultur sehingga mudah dicerna bayi.

 

Kapan bayi bisa makan yogurt?

Ibu bisa mengenalkan sedkit demi sedikit yogurt ke sikecil sebagai tahap perkenalan di usia 7-10 bulan.

Jangan kaget ya bu, apabila yogurt mengandung gula. Proses ini dinamakan laktosa yang terjadi secara alami pada produk susu.

 

Manfaat yogurt untuk bayi?

Yogurt sangat baik untuk pencernaan sikecil ya. Kandungan yang ada dalam yogurt  karbohidrat, protein, lemak, kalsium, fosforus, kalium dan iodin.

Dalam studi “Nutrition Research” edisi 2009 menemukan bahwa bayi yang diberi diet berbasis yogurt menunjukkan pengurangan output tinja dan durasi serangan diare yang lebih pendek. Peneliti dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa diet berbasis yogurt dapat membantu mengatasi diare ringan sampai sedang pada bayi.

 

Yogurt dan keju boleh untuk bayi sebelum 1 tahun?

Beda dengan susu sapi, keju dan yogurt bisa diberikan pada bayi dibawah umur 1 tahun. Hal ini dikarenakan kedua produk ini merupakan produk olahan susu. Laktosa pada susu sapi akan dipecah dengan kultur yogurt atau keju dan protein. Kultur membuat yogurt dan keju lebih mudah dicerna.

 

Resep menyajikan yogurt untuk bayi

Yogurt bisa diberikan langsung ke sikecil ya. Atau bisa juga di capur dnegan buah atau sayur favorit si kecil. Contohnya :

– Yogurt dan Blueberry

– Yogurt dengan saus apel dan sejumput kayu manis

– Yogurt dengan buah persik dan pisang

– Yoghurt dicampur dengan buah dan air untuk membuat smoothie bayi (campurkan dengan air agar tipis sehingga bisa meluncur dalammenggunakan air membuat campuran tipis yang mungkin meluncur melalui gelas sippy dengan mudah

– Yoghurt dan alpukat pure

 

Note

Bila keluarga Anda memiliki riwayat alergi, sebelum memberikan yogurt pada bayi, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter anak Anda ya, Bu.

Gejala alergi susu meliputi: diare , muntah, mudah tersinggung, bengkak dan ruam kulit. Untuk itu, terapkan aturan 4 hari saat memberikan yogurt.

Jangan pernah menambahkan madu ke dalam yogurt, sebelum usianya menginjak 1 tahun.

 

Semoga bermanfaat ya..

(GAB/Pic.Google)

 

 

 

 

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: