Home > Kesehatan > Cara Menyimpan Ikan Agar Tahan Lama

Cara Menyimpan Ikan Agar Tahan Lama

Siapa sih yang tidak tahu manfaat ikan untuk anak, apalagi di masa MPASI. Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang bermanfaat untuk tubuh. Selain protein dan kalsium, ikan juga kaya akan lemak baik dan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh seperti Omega 3.

Cuman masalah nya adalah bagaimana kita menyiapkan ikan agar tetap segar saat dikonsumsi. Apabila meyimpannya benar makan ikan tidak akan kehilangan rasa aslinya dan tetap baik di konsumsi. Dan jangan khawatir akan kandungan baik pada ikan dan rasa ikanpun tidak akan berubah.

Cara menyimpan ikan agar tetap segar

1. Saat membeli ikan, pilihlah yang segar. Ciri-cirinya adalah, insang masih merah segar, kulit daging ikan masih kenyal dan mata ikan masih jernih.

2. Bersihkan ikan dari sisik, perut ikan dan lendirnya. Ikan yang baru dibeli tanpa dibersihkan akan mengeluarkan aroma amis jika langsung disimpan dalam lemari pendingin atau freezer.

3. Potong sesuai porsi sekali masak. Ini point penting ya Bu, jangan memasukan lagi kedalam freezer sisa ikan yang sudah keluar dari freezer. Hal ini bertujuan agar tidak membuat ikan dihinggapi bakteri.

4. Point selanjutnya, setelah dibersikan jangan lupa berikan ikan garam secukupnya, jeruk nipis, atau bisa juga dengan jeruk lemon.

5. Simpan dalam wadah tertutup agar bau ikan tidak memengaruhi makanan lain dalam lemari es.

 

Semoga info ini bermanfaat ya

 

GAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: